Viral Pasien Meninggal Diduga Akibat Telat Ganti Tabung Oksigen Kosong, Begini Klarifikasi RSHS Bandung

- 20 Mei 2022, 17:00 WIB
Klarifikasi RSHS Bandung soal kabar viral pasien meninggal diduga akibat telat ganti tabung oksigen kosong
Klarifikasi RSHS Bandung soal kabar viral pasien meninggal diduga akibat telat ganti tabung oksigen kosong /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Video viral menampilkan seorang pria mengaku istrinya meninggal dunia akibat dokter dan perawat jaga di salah satu rumah sakit di Kota Bandung lalai dan telat mengganti tabung oksigen yang sudah kosong menjadi sorotan publik.

Kejadian viral di mana seorang suami marah-marah mengaku sang istri meninggal akibat dugaan penanganan dokter dan perawat yang buruk diketahui terjadi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Menanggapi kejadian viral itu, pihak RSHS Bandung memberikan klarifikasi melalui konferensi pers virtual pada hari ini, Jumat 20 Mei 2022.

Klarifikasi pihak RSHS Bandung terkait aduan suami korban yang menyebut istrinya telat diganti tabung oksigen padahal sudah kosong dan sempat berkali-kali mengingatkan perawat jaga namun tak digubris, disampaikan Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Supriatna, SpPD-KP, MMRS.

Baca Juga: Cara, Waktu dan Larangan dalam Mengukur Tekanan Darah di Rumah agar Hasil Valid

Menurut Yana, tuduhan yang diutarakan suami pasien wanita yang meninggal saat proses perawatan di RSHS Bandung seperti dalam video viral tersebut tidaklah benar.

Yana memastikan bahwa saat kejadian, tabung oksigen yang masih terhubung ke selang dan masker yang dipakai pasien tersebut masih terisi serta berfungsi normal.

“Tabung oksigen itu tidak habis, kami nyatakan bahwa oksigen yang diberikan kepada pasien tidak habis tetap sedang mengalir,” katanya.

Yana lanjut menjelaskan bahwa jika dicermati, kantong udara yang terhubung ke masker pasien masih mengembang sebagai penanda aliran udara dari tabung oksigen masih berjalan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x