Pembangunan Underpass Cibiru Mulai 2023, Dishub Jabar akan Siapkan Rekayasa Lalin Selama Pengerjaan

- 24 Maret 2022, 09:45 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A. Koswara.
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A. Koswara. /TOMMY RIYADI/PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS – Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat (Dishub Jabar) Koswara Hanafi mengatakan, rencana pembangunan Underpass Cibiru akan mulai berjalan tahun 2023 mendatang.

Pembangunan Underpass Cibiru ini, kata Koswara, nantinya akan menggantikan peran Bundaran Cibiru sebagai salah satu upaya mengurangi tingkat kemacetan di lokasi tersebut yang makin semrawut.

"Untuk Underpass Cibiru sudah masuk dalam usulan pembangunan 2023. DED (detailed engineering design) sudah dibuatkan Pemkot Bandung, sehingga konstruksinya nanti bantuan dari provinsi," ucapnya, dikutip prfmnews.id dari laman Pemkot Bandung pada Kamis, 24 Maret 2023.

Baca Juga: Pujian Atta Halilintar Saat Mengganti AHHA PS Pati Menjadi Bekasi FC: Kota Bekasi Lebih Tinggi

Selain itu, Koswara mengaku, pihaknya akan menyusun strategi rekayasa manajemen lalu lintas (lalin) saat pembangunan Underpass Cibiru berlangsung.

"Pasti manajemen lalu lintasnya akan berubah. Ini perlu didiskusikan lebih lanjut lagi nanti bersama tim lainnya," terangnya.

Menurut Koswara, pembangunan underpass ini harus segera direalisasikan mengingat saat ini kepadatan lalu lintas di Cibiru sudah tidak bisa tertangani dengan skema bundaran.

Baca Juga: Yana Nilai Bundaran Cibiru Sudah Tak Efektif, Ingin Underpass Cepat Rampung

"Kalau dengan volume kendaraan yang sekarang, bundaran sudah tidak efektif, makanya harus dibikin underpass. Bundaran itu efektif jika volume kendaraan masih memungkinkan enak untuk merging (bergabungnya arus kendaraan)," tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x