Pemkab Bandung Tegaskan Sudah Gulirkan Banyak Program Agar Warga Tak Terjerat Rentenir

- 20 Februari 2020, 13:19 WIB
Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Setda Kabupaten Bandung Marlan, saat ditemui di Curug Jompong, Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (20/2/2020).
Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Setda Kabupaten Bandung Marlan, saat ditemui di Curug Jompong, Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (20/2/2020). //BUDI SATRIA/PRFM

BANDUNG,(PRFM) - Maraknya bank emok atau rentenir di Kabupaten Bandung tengah menjadi sorotan. Terbaru, di Ciwidey Kabupaten Bandung orang yang berhutang ke bank emok tega melempar tabung gas 3 kg kepada penagih hutang.

Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekjah) Setda Kabupaten Bandung Marlan mengakui jika persoalan ini memang persoalan yang sudah lama terjadi di Kabupaten Bandung. Bahkan, diakuinya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung sudah sejak lama mengupayakan agar warga tidak terjerat praktek rentenir.

"Yang terjerat itu kan rata-rata masyarakat kecil. Kita sebenanya dari pemerintah daerah dari dulu sudah berupaya untuk melakukan antisipasi terhadap kegiatan perbankan seperti ini (bank emok)," ucap Marlan saat ditemui di Curug Jompong, Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (20/2/2020).

 

Baca Juga: Dewan Inginkan Bupati Larang Praktik Bank Emok di Kabupaten Bandung

Marlan mencontohkan, pihaknya sudah memprogramkan dana bergulir yang bisa dimanfaatkan untuk dipinjam masyarakat. Namun, dana bergulir itu banyak yang tidak dikembalikan oleh masyarakat.

"Kemudian tahun-tahun ke belakang kita sudah menggulirkan yang namanya program kredit untuk UMKM di mana dalam kegiatan itu pemerintah daerah mensubsidi bunga. Itu juga sama sebetulnya dananya masih ada Rp3,5 miliar," sebutnya.

Saat ini, Marlan sebut, pihaknya tengah mendorong BUMDes untuk membuka usaha simpan pinjam. Dengan demikian warga bisa meminjam dana ke BUMDes daripada ke bank emok.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x