Tarif Retribusi Parkir Naik Tahun Depan, Ini Lokasi Penyumbang Uang Parkir Terbesar di Kota Bandung

- 3 November 2021, 16:51 WIB
Ilustrasi juru parkir
Ilustrasi juru parkir /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, berencana menaikkan tarif retribusi parkir mulai 1 Januari 2022 mendatang. Selain bertujuan mengurangi kemacetan, kenaikan tarif parkir di bahu jalan ini disebut sebagai penyesuaian tarif lama yang sudah empat tahun belum ada kenaikan.

Kepala BLUD Perparkiran Dishub Kota Bandung, Yogi Mamesa menuturkan, berdasarkan Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 66 Tahun 2021 tentang Tarif Pelayanan Parkir, besaran kenaikan tarif maksimal mencapai 50 persen.

"Per Januari nanti tarif parkir naik hingga 50 persen. Rinciannya, untuk mobil sejam pertama Rp5 ribu dari semula Rp3 ribu, dan jam kedua jadi Rp5 ribu dari sebelumnya Rp2 ribu. Untuk motor yang semula Rp1.500 dan jam berikutnya Rp1.000. Nanti sejam pertama menjadi Rp3 ribu dan jam berikutnya Rp3 ribu," jelas Yogi saat ditemui di kantornya Jalan Babakan, Kota Bandung, Rabu 3 November 2021.

Baca Juga: Kenali Kanker Prostat, Penyakit yang Kini Diderita Susilo Bambang Yudhoyono

Yogi menambahkan, retribusi parkir dibebani target sebesar 25 miliar pada tahun 2022 mendatang, atau naik sekira satu miliar dari tahun 2021 yang ditargetkan Rp24 miliar. Sementara realisasi tahun ini, tidak berbeda jauh dari tahun 2020 dalam pencapaian target karena kondisi pandemi.

Lalu berapa sesungguhnya potensi pendapatan Pemkot Bandung dari retribusi parkir di bahu jalan ini ?

Berikut ini potensi pendapatan 7 lokasi parkir (berdasarkan titik pemasangan mesin parkir elektronik) yang berada di zona utama dalam satu tahun :

Baca Juga: Syarat PCR untuk Perjalanan Jarak Jauh Dihapus Lagi, Sekarang Cukup Antigen Saja

1. Jalan Dewi Sartika, dengan potensi pendapatan pada hari kerja sebesar Rp372.960.000,- per tahun dan Rp348.672.000 per tahun pada hari libur.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x