Mengenal SIAK Terpusat yang Bikin Layanan Online Disdukcapil Bandung Dihentikan Sementara

- 3 November 2021, 11:36 WIB
Pengumuman penghentian sementara layanan online disdukcapil Kota Bandung karena adanya migrasi dari SIAK terdistribusi ke SIAK terpusat.
Pengumuman penghentian sementara layanan online disdukcapil Kota Bandung karena adanya migrasi dari SIAK terdistribusi ke SIAK terpusat. /Disdukcapil Kota Bandung

PRFMNEWS - Saat ini layanan online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdikcapil) Kota Bandung dihentikan sementara karena adanya ujicoba penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat.

Sebelumnya, Disdukcapil Kota Bandung menerapkan SIAK Terdistribusi.

Lantas apa itu SIAK Terpusat?

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, Tatang Muhtar mengatakan, SIAK terpusat adalah sistem data administrasi kependudukan (adminduk) akan langsung masuk pada sistem nasional yang dikelola oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Baca Juga: La Nina Sebabkan Curah Hujan di Bandung Jadi Lebih Tinggi

Sementara pada saat SIAK Terdistribusi, data adminduk masuk pada sistem Disdukcapil di daerah dan kemudian harus dikonsolidasikan ke pusat.

Dengan adanya SIAK Terpusat, maka daerah tak perlu lagi mengkonsolidasikan data adminduk ke pusat.

"Dengan SIAK Terpusat, jadi adminduk itu tidak usah ada konsolidasi lagi, ketika data sudah valid maka data itu sudah bisa digunakan," kata Tatang saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini Selasa, 2 November 2021.

Baca Juga: Minat Warga Kota Bandung Berolahraga Baru 51 Persen

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x