Nyatakan Perang Lawan Rentenir, Wakil Wali Kota Bandung: Kita Harus Gerak Cepat

- 6 Oktober 2021, 15:49 WIB
Personel Satgas Anti Rentenir Kota Bandung
Personel Satgas Anti Rentenir Kota Bandung /Humas Bandung.

PRFMNEWS - Pemerintah Kota Bandung nyatakan perang melawan rentenir alias pemberi pinjaman uang tunai dengan bunga tinggi.

Pernyataan perang ini diumumkan langsung Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat membuka acara Focus Group Discussion 'Strategi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Peran Satgas Anti Rentenir Kota Bandung di Hotel Savoy Homann, Rabu 6 Oktober 2021.

Yana mengaskan, rentenir merupakan praktik ekonomi ilegal yang sangat merugikan masyarakat.

Menurut Yana, selama ini rentenir telah mengakar di kalangan masyarakat dan telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Menpora: PON Papua Jadi Contoh Penyelenggaraan Event Olahraga di Tengah Pandemi

Untuk itu Yana Mulyana mengajak semua pihak untuk bergerak lebih cepat ketimbang rentenir untuk memenangkan peperangan ekonomi ini.

"Kita harus bergerak lebih cepat dari rentenir. Kita harus menghasilkan strategi-strategi untuk mengatasi praktek rentenir, sehingga Kota Bandung bisa menjadi kota yang bersih dari rentenir" ujarnya.

Saat ini teknologi rentenir sudah semakin canggih dan mereka mampu beradaptasi dengan zaman. Mulai dari berpura-pura membuka koperasi simpan pinjam padahal isinya praktik rentenir. Termasuk memanfaatkan teknologi digital atau kerap disebut pinjaman online (pinjol).

Yana turut meminta Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung agar mempersempit ruang rentenir salah satunya dengan menghidupkan kembali koperasi-koperasi simpan pinjam.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x