Warga Temukan Koin Zaman Belanda di Bandung Barat, Ahli Numismatik dan Kolektor Bakal Bikin Kajian

- 5 Agustus 2021, 16:38 WIB
Ilustrasi koin
Ilustrasi koin /Pexels

PRFMNEWS - Warga temukan sejumlah koin zaman Belanda di Kampung Pangkalan Hilir, Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamparah, Kabupaten Bandung, Rabu 4 Agustus 2021.

Koin zaman Belanda itu ditemukan ketika warga setempat melakukan penataan Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu.

Kepala Seksi Sejarah dan Cagar Budaya pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Asep Diki Hidayat menjelaskan, sekira 150 koin zaman Belanda ditemukan di sebuah area yang sangat dekat dengan Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu.

Baca Juga: 10 Kelurahan di Kota Bandung dengan Konfirmasi Positif Aktif Covid-19 di Atas 100 Kasus

"Ketika para anggota Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) sedang melakukan penataan di Tempat Wisata Pemandian Cimanggu, ternyata mereka menemukan koin-koin zaman Belanda," jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 5 Agustus 2021.

Asep mengungkapkan dalam waktu dekat Disparbud Kabupaten Bandung Barat akan mengundang ahli numismatik (ahli uang kuno) dan kolektor barang antik untuk membuat sebuah kajian guna mengungkap fakta tentang koin zaman Belanda tersebut.

"Secara literatur, kami belum menemukan dokumentasi zaman Belanda tentang Tempat Pemandian Air Panas Cimanggu. Untuk itu kita akan undang ahli numismatik dan kolektor," ucapnya.

Baca Juga: Marck Klok jadi Pemain Naturalisasi Asal Belanda Keempat yang Berseragam Persib Bandung

Adapun dari penelusuran cerita turun temuran dari warga yang bermukim di seputaran Tempat Wisata Pemandian Air Panas Cimanggu, di masa lalu sempat berdiri Pabrik Es milik pengusaha Belanda.

Menurut warga setempat, lanjut Asep, sempat terdapat pemukiman warga Belanda di sana. Warga menyebut pemukiman tersebut merupakan para pejabat Pabrik Es.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x