Pemkot Bandung Terus Matangkan Persiapan Teknis Pembuangan Sampah ke TPPAS Legok Nangka

- 24 Mei 2021, 13:04 WIB
Rombongan Pemkot Bandung dan DPRD Kota Bandung saat meninjau TPPA Legok Nangka di Nagreg, Kabupaten Bandung hari ini, Senin 24 Mei 2021.
Rombongan Pemkot Bandung dan DPRD Kota Bandung saat meninjau TPPA Legok Nangka di Nagreg, Kabupaten Bandung hari ini, Senin 24 Mei 2021. /Tommy Riyadi/prfmnews.id

PRFMNEWS - Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan peninjauan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir sampah (TPPAS) regional Legok Nangka, di Nagreg, Kabupaten Bandung, bersama Komisi A DPRD Kota Bandung hari ini, Senin 24 Mei 2021.

Peninjauan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan perpindahan tempat pembuangan sampah dari Kota Bandung yang sebelumnya dibuang ke TPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat ke TPPAS Legok Nangka Kabupaten Bandung.

Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan mengatakan, dari pemantauannya, secara umum TPPAS Legok Nangka ini sudah sangat siap tinggal Pemerintah Provinsi Jawa Barat selaku pengelola membereskan beberapa fasilitas yang kini belum rampung.

Baca Juga: Viral Kerumunan di Pantai Karanghawu Sukabumi, Satgas: Kejadian di Pangandaran Harusnya Jadi Pelajaran

"Dari yang sudah disiapkan pemerintah provinsi secara umum 50-60 persen sudah siap tinggal pabrik pengolahan sampahnya itu, kalau terkait tempat residu, IPAL, akses, ini mungkin sudah selesai, kita tinggal menunggu pihak provinsi," jelas Teddy saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel hari ini, Senin 24 Mei 2021.

Persoalan lain yang belum selesai adalah penentuan tipping fee.

Kata Teddy, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar agar Tipping Fee TPPAS Legok Nangka ini tidak memberatkan Pemkot Bandung.

Baca Juga: Viral Kerumunan di Pantai Karanghawu Sukabumi, Satgas: Kejadian di Pangandaran Harusnya Jadi Pelajaran

"Karena kalau dengan tipping fee Rp386.000/ton itu tentu akan memberatkan APBD Kota Bandung apalagi kalau presentasenya 80-20," kata Teddy.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x