Ada Gangguan Siklonik, Bandung Raya Hari Ini Masih Berpotensi Hujan Lebat

- 25 Desember 2020, 10:50 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem
Ilustrasi cuaca ekstrem /PRFM

 

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gangguan sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat daya Banten akan mengakibatkan hujan lebat di Bandung Raya pada hari ini, Jumat 24 Desember 2020.

Prakirawan BMKG Bandung, Maulana Mustaqim mengatakan, gangguan sirkulasi siklonik tersebut menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah siklonik termasuk Jawa Barat.

"Untuk Bandung pagi hari cerah berawan, tapi siang hingga malam diperkirakan hujan sedang dan lebat, sedangkan dini hari berawan," ujar Maulana saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel.

Baca Juga: Masih Banyak Rumah di Bantaran Sungai, Oded Minta Warga Mau Ikuti Arahan Pemerintah

Baca Juga: Bandung Masih Terkepung Banjir, Oded Beberkan Penyebab dan Langkah Penanganannya

Untuk temperatur udaranya di Bandung hari ini berkisar antara 19,4-29,7 derajat celcius, dengan kelembapan cukup tinggi yakit 58-97 persen, dan angin dari arah barat daya berkecepatan 5-21 kilometer per jam.

Maulana menturukan, kejadian hujan lebat di Bandung pada kemarin tergolong cukup tinggi curah hujannya karena mencapai 126,6 milimeter dalam 24 jam. Bahkan puncaknya pada pukul 17.00-18.00 WIB yaitu 83 milimeter hanya dalam satu jam.

"Kalau normalnya 11 mm untuk hujan lebat dalam satu jam. Jadi kalau di atas 50 mm udah ekstrem, per jam. Kalau per hari di atas 100 mm itu ekstrem," tambahnya.

Baca Juga: Tim Pencari Masih Berupaya Cari Seorang Korban yang Tertimbun Longsor di Jayagiri Lembang

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x