Ribuan Warga Kota Bandung Kedapatan Tak Pakai Masker Saat Satpol PP Gelar Operasi Perketatan AKB

- 1 Desember 2020, 08:28 WIB
Petugas Satpol PP Kota Bandung saat mendata warga yang kedapatan tak menggunakan masker saat digelar operasi perketatan AKB di Kota Bandung.
Petugas Satpol PP Kota Bandung saat mendata warga yang kedapatan tak menggunakan masker saat digelar operasi perketatan AKB di Kota Bandung. /HUMAS KOTA BANDUNG

PRFMNEWS - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung terus berupaya meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan warga Kota Bandung. Oleh karenanya, Satpol PP Kota Bandung melakukan operasi perketatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang dilaksanakan di 30 kecamatan di kota Bandung.

Selama 14 hari pelaksanaan operasi, 1.140 pelanggar terjaring dalam operasi ini. Mereka yang terjaring dari operasi ini ada yang mendapatkan sanksi teguran, sanksi sosial, hingga sanksi denda.

Kepala Satpol PP Kota Bandung mengatakan, operasi yang digelar sejak tanggal 11 hingga 30 November tersebut mengumpulkan sanksi denda administrasi sebesar Rp10.500.000.

Baca Juga: Banyak Warga Tak Pakai Masker, Satpol PP: Alasannya Klasik, Kebanyakan Lupa

“Sudah 2 minggu, kami menggelar operasi perketatan AKB di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung. Pelanggaran yang ditemukan diantaranya 210 dari 1.130 pelanggar membayar denda administrasi, 902 orang diberikan sanksi sosial dan 18 lainnya diberikan sanksi berupa teguran tertulis,” ujar Rasdian Setiadi sebagaimana dikutip prfmnews.id dari laman resmi Humas Kota Bandung.

“Sanksi sosialnya ada yang mengumpulkan sampah, menyapu lokasi operasi, membersihkan toilet umum, menghormat bendera, olahraga bersama, push up, menggunakan rompi pelanggar hingga membuat postingan di media sosial bahwa dirinya sudah melanggar protokol kesehatan,” bebernya.

Sanksi, katanya, diberikan berdasarkan beratnya pelanggaran di lapangan. Sehingga, setiap orang yang melanggar diberikan sanksi sesuai dengan pelanggarannya.

Baca Juga: Peta Sebaran Corona Kabupaten Bandung 30 November, Tersisa Satu Kecamatan Tanpa Kasus Positif Aktif

“Ada yang sama sekali tidak membawa masker dengan alasan lupa atau ketinggalan, ada juga yang membawa masker tetapi disimpan di kantong baju atau celana. Yang lainnya, pemakaiannya tidak sesuai dengan yang dianjurkan dalam protokol kesehatan,” terang Rasdian.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Humas Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x