PPKM Dicabut, Menparekraf Sebut Sektor Pariwisata Meningkat Signifikan

- 1 Februari 2023, 16:30 WIB
Wisata Susur Sungai di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu 16 November 2022.
Wisata Susur Sungai di kawasan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu 16 November 2022. /PRFM

PRFMNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahhudin Uno mengatakan, pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak signifikan terhadap sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

Setelah kebijakan tersebut dicabut, sejumlah indikator pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami kenaikan.

Kenaikan di sejumlah tempat wisata terlihat dari tingkat keterisian kamar hotel atau penginapan di berbagai destinasi wisata yang mencapai 80-90 persen.

Baca Juga: Pencabutan PPKM Beri Dampak Baik Pada Pariwisata, Sandiaga Uno: Meningkat Signifikan

"Aktivitas ekonomi khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat secara signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai angka 80-90 persen di beberapa destinasi dan untuk destinasi favorit, Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100 persen,” ungkap Sandiaga dikutip prfmnews.id dari laman setkab.go.id pada Rabu, 1 Februari 2023.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mendorong percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Sehingga dapat tercipta peluang usaha dan lapangan kerja.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menuturkan bahwa pemerintah akan memberikan kemudahan penyelenggaraan berbagai kegiatan, mulai dari MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions), musik, hingga olahraga yang diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik mancanegara dan wisatawan domestik.

Baca Juga: Respons soal Usulan Jabatan Gubernur Dihapus. Ridwan Kamil: Kalau Mau Lakukan Perubahan, Tanyalah Rakyat

"Ada juga deregulasi atau kemudahan dari segi penyelenggaraan event yang diharapkan bisa memicu kegiatan MICE, juga kegiatan event berbasis musik, berbasis olahraga, yang diharapkan bisa mendorong terciptanya wisatawan mancanegara," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x