Bahaya Menyalakan Flare di Stadion, Dokter Persib Bandung Beri Penjelasan, Ternyata Bisa Sebabkan Luka Bakar

- 12 April 2023, 18:40 WIB
Seorang penonton menyalakan flare saat Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Rabu 11 Januari 2023. Akibat kejadian itu, Komite Disiplin PSSi menjatuhkan sanksi denda Rp120 juta.
Seorang penonton menyalakan flare saat Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Rabu 11 Januari 2023. Akibat kejadian itu, Komite Disiplin PSSi menjatuhkan sanksi denda Rp120 juta. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar/

PRFMNEWS - Dokter tim Persib Bandung Rafi Ghani memaparkan sejumlah alasan terkait kenapa flare sangat berbahaya ketika dinyalakan di tengah pertandingan di dalam stadion.

Hal yang paling utama adalah, kata Dokter Rafi, flare yang merupakan barang berbahan peledak itu akan membuat banyak orang kesulitan bernafas.

Dalam kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Persib Bandung menyisakan satu pertandingan kandang yaitu menghadapi Persikabo 1973.

Baca Juga: Pelaku Sebar QRIS Palsu di 38 Titik Masjid untuk Rekening Pribadi, Terkumpul Rp13 Juta

Rencananya, pertandingan Persib Bandung vs Persikabo 1973 akan digelar pada Sabtu, 15 April 2023 mendatang.

"Suporter dan bobotoh diimbau untuk tidak menyalakan flare karena akan membahayakan kesehatan kita semua di antaranya saat kita butuh oksigen lebih karena kita berada di tengah kerumunan yang membuat kita sulit bernafas," ujar DFokter Rafi.

Tidak sebatas mengganggu pernafasan bagi orang yang menghirup asapnya, cahaya dan suara ledakan yang ditimbulkan dari menyalakan flare pun, bisa mengganggu sebagian orang, yang membuat kepanikan terjadi dan kenyamanan dalam menyaksikan pertandingan pun menjadi terganggu.

Baca Juga: Pengasuh Pesantren di Batang Diduga Cabuli Belasan Santriwati, Kemenag Pastikan Akan Cabut Izin Pesantrennya

"Bahaya flare lainnya bisa membuat luka bakar, gangguan penglihatan dan pendengaran dari ledakan dan cahaya yang dihasilkan. Jadi, mari sama-sama saling menjaga dan mencegah. Mari datang ke stadion dengan sehat dan pulang dengan sehat pula," tutupnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x