Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Pengamat Pendidikan: Tidak Ada Terobosan, Hanya 'Ganti Baju'

- 21 Oktober 2020, 08:05 WIB
Ilustrasi pendidikan. Baru-baru ini bahasa Indonesia resmi masuk dalam program ekstrakulikuler pendidikan di sejumlah sekolah di Kanada.
Ilustrasi pendidikan. Baru-baru ini bahasa Indonesia resmi masuk dalam program ekstrakulikuler pendidikan di sejumlah sekolah di Kanada. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Selama satu tahun kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin, Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menilai, belum terlihat gebrakan yang menunjukkan perubahan dalam sektor pendidikan.

Seperti dalam program Kemendikbud, belum nampak jelas program yang berbeda tiap tahun, hanya nama programnya saja yang berubah.

Padahal keinginan Presiden Joko Widodo untuk memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah tepat. Sebab SDM Indonesia masih jauh dari kata unggul dibanding negara lain, seperti kemampuan membaca, matematika, hingga sains yang di bawah rata-rata dunia.

Baca Juga: Mendikbud Resmi Ganti UN 2021 Menjadi AN, Apa Maksudnya?

"Misalnya program merdeka belajar, sekolah penggerak, guru penggerak, organisasi penggerak, kalau dahulu ada namanya sekolah inti, rintisan sekolah bertaraf internasional, sekolah rujukan sekarang sekolah penggerak," ujar Indra saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Selasa 20 Oktober 2020.

Sehingga secara umum menurutnya, tidak ada program terobosan baru, hanya 'ganti baju' saja. Alhasil dari sisi inovasi dinilai masih minim, padahal fokus prioritas adalah pembangunan SDM.

Ia menegaskan, seharusnya pemerintah mampu menghadirkan program-program baru, bukan hanya program daur ulang. Sebab jika hanya program daur ulang meski anggarannnya besar, tetap tidak akan membuat perubahan.

"Jadi ini yang saya lihat selama setahun kebelakang, dan jangan sampai menggunakan Covid-19 sebagai alasan tidak membuat perubahan. Karena pandemi atau tidak pandemi, SDM harus unggul," ucapnya.

Baca Juga: Waspada Norovirus, Kasusnya Sudah Mulai Bermunculan di Indonesia

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x