Ini Kata Pemerhati Pendidikan Tentang TV Digital Pemkot Bandung untuk PJJ

- 12 Oktober 2020, 20:12 WIB
Tayangan perdana TV Bandung 132, Senin 12 Oktober 2020.
Tayangan perdana TV Bandung 132, Senin 12 Oktober 2020. /Dok Humas Pemkot Bandung.

PRFMNEWS - IBB (Integrated Broadband Broadcast) TV 'Bandung132' berbasis satelit tak berbayar hari ini Senin 12 Okotber 2020, tayang perdana.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berdalih, siaran TV ini sebagai alternatif media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) siswa sekolah di masa pandemi Covid-19.

Dengan begitu, PJJ yang sebelumnya disiarkan TVRI Jawa Barat untuk pelajar di Kota Bandung kini beralih ke TV Bandung 132.

Baca Juga: Kabar Gembira! Lima Kecamatan Ini Nol Kasus Corona di Kabupaten Bandung

Menanggapi hal tersebut, Dosen Pasca Sarjana Universitas Garut sekaligus pemerhati pendidikan, Dr. Oktri Muhamad Firdaus mengatakan, jika inisiasi mengambil alih program serupa dari TVRI dengan harapan akan lebih baik, itu harus diberikan apresiasi.

Meski begitu, Oktri menilai ada banyak hal yang seharusnya dilakukan Pemkot melalui Dinas Pendidikan (Disdik) sebelum ngotot menayangkan konten perdananya.

“Kalau bicara sisi regulasi, apakah Disdik sudah dilibatkan untuk menyiapkan kontennya ? Lalu siapa saja yang bertanggung jawab ? Karena Disdik untuk pendidikan SD dan SMP punya hak untuk review konten. Kalau inisiasi mengambil alih dari TVRI Bandung dengam asumsi ini jauh lebih baik dari sisi konten dan hal lain, ok kita harus apresiasi. Tapi subtansi dan konten sudah di sahkan belum sama disdik, atau dari pihak UPI atau lembaga perguruan tinggi yang paham betul ke pendidikan seperti apa,” jelas Oktri saat dihubungi, Senin 12 Oktober 2020.

Baca Juga: Update 12 Oktober, 200 Orang Positif Aktif Corona di Kota Bandung

Menurut Oktri, kondisi luar biasa di masa pandemi ini Idealnya harus dilakukan pemetaan, dan klasterisasi terlebih dahulu. Ia mencontohkan, program yang dibuat ini tujuannya untuk peserta didik dengan skala ekonomi seperti apa, dan tidak langsung di generalisir seluruhnya.

Halaman:

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x