Ridwan Kamil: Jakarta Butuh Perubahan Lewat Pemimpin yang Punya Imajinasi

- 25 Juni 2024, 16:00 WIB
Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Kreatif Jabar, Bandung, Selasa 11 Juli 2023.
Ridwan Kamil mendampingi Presiden Jokowi di Pasar Kreatif Jabar, Bandung, Selasa 11 Juli 2023. /Humas Jabar

PRFMNEWS - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan bahwa Jakarta ke depan butuh sosok pemimpin yang memiliki daya imajinasi tinggi. Hal ini lantaran Jakarta menurutnya merupakan tempat mewujudkan berbagai gagasan kelas dunia.

"Jakarta adalah tempat untuk gagasan kelas dunia. Mengapa? Karena potensi pendukungnya ada, begitu juga infrastruktur dan anggarannya, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang punya imajinasi. Jakarta membutuhkan perubahan," kata Ridwan Kamil di Jakarta, Minggu 23 Juni 2024 dikutip dari ANTARA.

Ridwan Kamil lantas menyoroti berbagai masalah yang sedang dihadapi Jakarta saat ini jelang Pilkada Serentak 2024, salah satunya yaitu polusi udara. Menurut dia, problematika yang terjadi di Jakarta tidak terlepas dari kondisi yang terjadi di tingkat global maupun wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Unggul Sebagai Calon Gubernur Jabar Paling Pantas dalam Survei dari KIC

"Memimpin Jakarta harus memahami wilayah-wilayah tetangganya, yakni Jawa Barat dan Banten. Jakarta harus menjadi 'kakak yang baik' bagi kota dan kabupaten di sekitarnya," ujarnya.

Ridwan Kamil berharap Jakarta bisa menjadi kota yang aman, nyaman, dan ramah. Kondisi tersebut menurutnya bisa terwujud ketika Jakarta menjadi kota yang baik dan humanis dengan indikator orang-orangnya lebih senang berkumpul di luar ruangan ketimbang di dalam ruangan.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga menyoroti Pilkada Jakarta 2024 nantinya akan menjadi momen bersejarah karena bersamaan dengan berlangsungnya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di wilayah Kalimantan Timur.

Baca Juga: Diatas 50 Persen, Elektabilitas Ridwan Kamil Masih Tertinggi untuk Pilgub Jabar

Dia juga mengatakan Jakarta sebagai kota yang telah tumbuh lama tidak perlu takut dengan lepasnya status ibu kota negara Indonesia yang akan dipindahkan ke IKN.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah