Diatas 50 Persen, Elektabilitas Ridwan Kamil Masih Tertinggi untuk Pilgub Jabar

- 8 Juni 2024, 11:37 WIB
Ridwan Kamil akan Berlaga pada Pilkada Mendatang, Belum Putuskan pada Pilkada Jawa Barat atau Jakarta
Ridwan Kamil akan Berlaga pada Pilkada Mendatang, Belum Putuskan pada Pilkada Jawa Barat atau Jakarta /Dokumentasi Humas Jabar

PRFMNEWS - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diperkirakan akan mencalonkan diri kembali untuk pemilihan Gubernur Jawa Barat.

Sebagai petahana, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai masih terlalu kuat jika memutuskan kembali bertarung dalam Pilgub Jabar.

Hal tersebut diungkapkan dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 27 Mei-2 Juni 2024 menunjukkan bahwa mantan Gubernur Jawa Barat tersebut memperoleh elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jabar apabila pilkada digelar saat survei dilangsungkan.

Baca Juga: Tayang Mulai Besok, Sinetron Kabayan Milenial 2 Libatkan Ridwan Kamil dan Aher Jadi Pemain, Apa Ceritanya?

“Pertama, di atas adalah RIdwan Kamil dengan elektabilitas di top of mind 25,2 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani dalam program bertajuk “Peluang Calon-Calon di Pilgub Jabar” yang disiarkan di kanal YouTube SMRC TV.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 810 orang. Sampel dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Margin of error ±3.5% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Pada hasil survei pertanyaan terbuka (top of mind) itu, nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kemudian berada di urutan kedua (16,3 persen); lalu mantan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di urutan ketiga (1,3 persen); dan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di urutan keempat (0,9 persen).

Baca Juga: Punya 2 Kelebihan, Flyover Berumur 7 Tahun di Bandung ini Jadi Kado Tahun Baru dari Ridwan Kamil

“Nama-nama lain masing-masing di bawah 0,9 persen. Masih ada 50,1 persen yang belum dapat memilih secara spontan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah