Peluang Ridwan Kamil Menang di Pilgub Jabar Lebih Besar dibanding Jakarta Meski Pesaing Berat, Kata Pengamat

- 15 April 2024, 06:00 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil /Tangkapan Layar Youtube/ Koran Pikiran Rakyat

PRFMNEWS – Pengamat politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Yusa Djuyandi mengungkapkan peluang Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada 2024 sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Jawa Barat (Jabar) dan DKI Jakarta.

Peluang Ridwan Kamil menang di Pilgub Jabar 2024, menurut Yusa Djuyandi, akan lebih besar dibandingkan mantan gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu maju sebagai bacagub DKI Jakarta periode 2024-2029.

"Kalau di Jabar, bisa dikatakan Ridwan Kamil sudah punya pengalaman, kenal medan dan masyarakat. Masyarakat di Jabar juga lebih kenal dan tahu kinerja Kang Emil. Jadi, peluang terpilih lebih besar," kata Yusa, Kamis 11 April 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: Peluang Besar Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2024, Airlangga: Golkar Juga Tugaskan RK Maju di Pilgub DKI

Alasan lain yang membuat Ridwan Kamil punya peluang terpilih lebih besar sebagai gubernur Jabar, imbuhnya, karena politisi Golkar yang akrab disapa Kang Emil itu tidak memiliki banyak kompetitor bila bertarung di Pilkada Jawa Barat.

"Menurut saya, kompetitor Kang Emil di Jabar tidak sebanyak di Jakarta. Di Jabar, kompetitor berat adalah Kang Dedi Mulyadi," sebutnya.

Ia berpendapat Dedi Mulyadi menjadi kompetitor berat bagi Kang Emil karena pernah menjabat sebagai Bupati Purwakarta selama dua periode.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Ditetapkan KPU Sebagai Pemenang Pilpres 2024, TKD Jabar Dibubarkan Ridwan Kamil

"Selain punya pengalaman sebagai Bupati Purwakarta dua periode, pernah sebagai cawagub (calon wakil gubernur), Kang Dedi Mulyadi juga adalah anggota DPR RI dengan perolehan suara yang banyak. Ini menunjukkan beliau punya basis konstituen yang kuat," jelasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah