Waspada Penipuan, Ini Ciri-ciri Pengumuman Lowongan Kerja Palsu untuk Rekrutmen Pegawai KAI

- 2 April 2024, 19:00 WIB
Waspada penipuan dengan modus rekrutmen PT KAI.
Waspada penipuan dengan modus rekrutmen PT KAI. /

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia atau KAI kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap segala bentuk penipuan salah satunya lowongan kerja (loker) palsu dengan modus rekrutmen pegawai PT KAI menawarkan akomodasi tambahan.

Seperti modus penipuan yang baru-baru ini muncul yakni mengirimkan surat undangan rekrutmen pegawai KAI dan mengharuskan pelamar untuk menggunakan hotel dan transportasi yang telah disediakan.

“KAI menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI. Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Senin 1 April 2024.

Baca Juga: Waspada Penipuan dengan Modus Rekrutmen PT KAI dan Minta Booking Hotel dan Travel

Joni lanjut memaparkan ciri-ciri penipuan dengan modus rekrutmen pegawai KAI antara lain yakni informasi lowongan kerja itu disampaikan tidak melalui website dan media sosial resmi milik KAI.

“Semua informasi rekrutmen KAI sepenuhnya menggunakan website resmi dengan alamat recruitment.kai.id, atau media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121. Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya,” jelas dia.

Ciri-ciri rekrutmen pegawai KAI palsu adalah pengumuman dikirimkan ke calon peserta melalui surat tertulis, baik dengan cara dititipkan ke orang tak dikenal atau lewat email.

Baca Juga: Awas Penipuan, Kemenag Bagikan Cara Cek Agen Travel Bodong Tawarkan Paket Murah Umroh dan Haji

“KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen melalui surat menyurat, baik mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang ataupun melalui email,” tegas Joni.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x