Kuota Tukar Uang Habis di BI? Penukaran Bisa Go Show, Ini Syaratnya

- 1 April 2024, 13:30 WIB
BI Buka Gerai Penukaran Uang/ Dok Antara
BI Buka Gerai Penukaran Uang/ Dok Antara /

PRFMNEWS - Bank Indonesia (BI) menyatakan, masyarakat bisa menukarkan uang secara langsung tanpa melakukan pemesanan di layanan Pintar BI, atau secara go show jika kehabisan kuota untuk tukar uang.

Masyarakat dapat menukarkan uang untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2024 melalui program 'Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024' tanpa mendaftar di aplikasi PINTAR BI. Namun, layanan ini bersifat tidak menentu serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim menjelaskan kuota penukaran uang baru adalah 5 ribu orang per hari.

"Kita belum bisa sebut kan kuota go show karena kita melihat ketersediaan uang nanti pada waktu penukaran," ujar Marlison.

Baca Juga: Lokasi Penukaran Uang Baru di Bandung 1 April sampai 4 April 2024

Hanya saja, kuota 5.000 orang per hari hingga 31 Maret sudah terpenuhi melalui pendaftaran di website PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

Namun, masyarakat masih bisa melakukan penukaran dengan datang langsung ke lokasi alias go show. Untuk penukaran secara langsung, jumlah kuota harian tidak dapat ditentukan secara pasti karena tergantung pada ketersediaan uang yang tersisa.

Bila mengacu pada pengalaman SERAMBI tahun-tahun sebelumnya, BI mengklaim mampu melayani hampir 40 sampai 50 persen masyarakat go show.

Sebagai informasi, masyarakat hanya perlu membawa identitas berupa Kartu Tanda Pengenal (KTP) untuk mengikuti layanan go show dan tidak dapat diwakilkan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x