Kasus Flu Singapura di RI Naik, Kenali Cara Penularan dan Pencegahan Penyakit ini Menurut Kemenkes

- 30 Maret 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi flu singapura pada anak.
Ilustrasi flu singapura pada anak. /Pexels/Andrea Picaquadio

PRFMNEWS – Jumlah kasus flu Singapura di Indonesia menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI meningkat pada periode awal tahun 2024 termasuk pada musim pancaroba atau peralihan musim yang bertepatan dengan momen arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Mengenali cara penularan dan upaya pencegahan agar tidak terjangkit flu Singapura menjadi imbauan Kemenkes agar angka kasus pasien penderita penyakit yang memiliki nama lain Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit tangan, kaki, dan mulut ini dapat diminimalisir.

Usai memahami bagaimana cara virus penyebab flu Singapura ini menular dan apa saja upaya yang perlu dilakukan serta dihindari agar tidak tertular penyakit HFMD ini, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaaan termasuk pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini.

Sebab menurut data Kemenkes RI tercatat hingga pekan ke-11 pada 2024, total lebih dari 5 ribu pasien terinfeksi flu Singapura.

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes RI Achmad Farchanny Tri Adriyanto mengatakan catatan ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dalam periode yang sama.

Hal ini, imbuh dia, diyakini berkaitan dengan tren peningkatan kasus flu Singapura yang juga sedang melanda negara tetangga, Singapura.

Penyebab flu Singapura adalah virus Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71) yang merupakan spesies dari genus Enterovirus. Penyakit HFMD pada manusia ini berbeda dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Keduanya berbeda dan tidak saling menularkan termasuk penyebabnya juga berbeda. PMK pada hewan disebabkan oleh Apthovirus, yang termasuk keluarga Picornaviridae.

Flu Singapura dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak dialami oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun, terutama anak yang sering dititipkan di fasilitas penitipan anak.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x