Pengumuman Kelulusan SNBP Dibuka, Unpad Terima 2.636 Calon Mahasiswa Baru

- 27 Maret 2024, 12:30 WIB
Kampus Unpad Bandung
Kampus Unpad Bandung /Dok Unpad/

PRFMNEWS - Pada Selasa, 26 Maret 2024 kemarin tepat pukul 15.00 WIB telah ada pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dilakukan di laman resmi pengumuman SNBP 2024 dan pada laman mirror beberapa universitas.

Pada tahun ini, Universitas Padjajaran (Unpad) menerima 2.636 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP dari total pendaftar mencapai 31.329 orang.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita, jumlah ini menjadikan Unpad menjadi PTN dengan jumlah pendaftar terbanyak kelima di Indonesia.

“(Jumlah yang diterima) SNBP sudah sesuai (dengan kuota yang ditetapkan),” ujarnya dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Mau Ikut Seleksi Rektor UNPAD? Simak Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Prof. Arief menjelaskan, di tahun akademik ini Unpad meningkatkan jumlah kuota calon mahasiswa baru pada jalur SNBP dengan tujuan untuk menjaring lebih banyak lebih banyak talenta terbaik, tidak hanya dari Jawa Barat tetapi juga dari seluruh Indonesia.

Upaya tersebut diimplementasikan melalui empat kebijakan keberpihakan Unpad, yaitu alokasi untuk peserta difabel, siswa berprestasi yang tinggal di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T); siswa berprestasi dari kalangan keluarga yang belum pernah melanjutkan studi ke perguruan tinggi; hingga siswa yang sekolahnya belum terepresentasikan di Unpad.

Melalui empat kebijakan tersebut, calon mahasiswa baru yang diterima di Unpad pada SNBP merupakan mereka yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Prof. Arief menjelaskan, tahun ini, banyak peserta dari luar pulau Jawa yang mendaftar SNBP ke Unpad.

“Seluruh provinsi di Indonesia, Alhamdulillah bisa bersaing. Ini membuktikan bahwa minat untuk masuk ke Unpad datang dari seluruh Indonesia. Dan prestasinya juga baik-baik, jadi masuk ke dalam kriteria Unpad,” paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x