Perdana Dukung Mudik, KCIC Punya Cara Tersendiri Guna Pastikan Perjalanan Whoosh Aman dan Nyaman

- 26 Maret 2024, 14:30 WIB
Pengecekan jalur whoosh oleh petugas KCIC dalam rangka persiapan mudik balik lebaran 2024.
Pengecekan jalur whoosh oleh petugas KCIC dalam rangka persiapan mudik balik lebaran 2024. /KCIC/

PRFMNEWS – PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melakukan sejumlah persiapan khusus guna memastikan operasional Kereta Cepat Whoosh relasi Jakarta-Bandung aman dan nyaman guna mendukung perjalanan arus mudik dan arus balik libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Berbagai cara dilakukan KCIC jelang masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 agar perjalanan Kereta Cepat Whoosh yang menghubungkan Stasiun Halim (Jakarta Timur), Padalarang (Kabupaten Bandung Barat), dan Tegalluar (Kabupaten Bandung) ini dipastikan aman dan nyaman bagi para penggunanya.

Salah satu upaya yang dilakukan KCIC adalah mengintensifkan pemeriksaan dan perawatan prasarana Whoosh seperti jalur kereta cepat, jaringan listrik aliran atas, peralatan persinyalan dan telekomunikasi, serta sound barrier, jelang masa angkutan Lebaran 2024 untuk memastikan seluruhnya dalam kondisi andal dan prima.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti menjelaskan treatment khusus terkait langkah-langkah pemeriksaan dan perawatan di dalam jalur Whoosh yang sangat berisiko bagi keselamatan petugas. Mengingat kini total jumlah perjalanan Whoosh semakin meningkat yakni 48 perjalanan dalam sehari sejak pukul 06.15 hingga 21.17 WIB.

Baca Juga: Sebelum Berdinas, Semua Kru Kereta Whoosh Jalani Pemeriksaan Kesehatan Secara Ketat Demi Keselamatan

Maka dari itu, kegiatan perawatan di dalam jalur kereta hanya dilakukan pada saat jadwal perjalanan telah selesai dan jaringan listrik sudah padam keseluruhan dari pukul 00.00 hingga 04.00 WIB atau selama 4 jam. Sebanyak total 250 petugas diturunkan secara bersamaan di jalur Whoosh sepanjang 142,3 km yang dibagi menjadi 4 wilayah.

“Pemeriksaaan dan perawatan prasarana merupakan hal yang sangat penting dilakukan guna memastikan keselamatan perjalanan Whoosh. Pemeriksaan dilakukan secara berkala baik di jam kerja maupun saat Whoosh sudah berhenti beroperasi, baik secara manual ataupun menggunakan kereta inspeksi ataupun kereta kerja,” ujar Emir dalam keterangan tertulis di laman resmi KCIC, Senin 25 Maret 2024.

Pemeriksaan jalur kereta, lanjut Emir, salah satunya dilakukan dengan mengecek geometri jalur, yakni untuk memastikan rel kereta tidak bergeser dan tidak bergelombang yang dapat mengganggu kenyamanan serta keamanan perjalanan Whoosh.

“Dengan menggunakan peralatan khusus dan dukungan tenaga profesional, tingkat keakuratan posisi rel dapat mencapai hingga satuan milimeter,” sebut dia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x