Sebelum Berdinas, Semua Kru Kereta Whoosh Jalani Pemeriksaan Kesehatan Secara Ketat Demi Keselamatan

- 21 Maret 2024, 13:30 WIB
Pemeriksaan kesehatan kepada pegawai KCIC yang akan berdinas dalam perjalanan kereta cepat Whoosh.
Pemeriksaan kesehatan kepada pegawai KCIC yang akan berdinas dalam perjalanan kereta cepat Whoosh. /KCIC/

PRFMNEWS - Saat ini dalam sehari ada 44 perjalanan kereta cepat whoosh dengan jumlah petugas yang berdinas mencapai 100 orang setiap harinya. Demi keselamatan perjalanan Whoosh, semua pegawai yang berdinas lebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan.

Semua pegawai yang berdinas mulai dari masinis, pramugari, kondektur, teknisi, hingga petugas keamanan dan kebersihan Whoosh menjalani pemeriksaan kesehatan rutin setiap sebelum berdinas.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, KCIC menerapkan kebijakan pemeriksaan kesehatan secara mendetail secara rutin sebelum perjalanan Whoosh dimulai setiap harinya.

“Tes kesehatan ini penting untuk menjamin seluruh petugas berada dalam kondisi prima dan siap bertugas mengoperasikan kereta serta melayani penumpang dengan fokus dan teliti. Kondisi fisik petugas yang prima menjadi salah satu faktor penting untuk mencegah terjadinya kesalahan yang dapat berisiko pada keselamatan serta mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang,” ujar Emir.

Baca Juga: Banjir Promo, KCIC Gelar Bazar Ramadhan 2024 di Stasiun Kereta Cepat Whoosh

Dalam pemeriksaan itu, para pegawai menjalani pemeriksaan seperti pemeriksaan tekanan darah, saturasi oksigen, dan pemeriksaan fisik, dengan tambahan pemeriksaan alcohol breathing untuk masinis.

Hanya petugas yang dinyatakan sehat yang diperkenankan betugas dan mereka akan mendapatkan surat keterangan dari dokter yang ditunjuk KCIC.

Di bulan Ramadhan ini pula, petugas yang menjalankan puasa juga dipantau nutrisinya. Harapannya agar petugas tetap bugar dan siap bertugas dengan baik meski sedang berada menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Proses pemeriksaan ini dilakukan secara rutin di stasiun Halim dan Tegalluar menyesuaikan dengan lokasi dinasan pertama petugas tersebut. Pengetesan dilakukan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan dan bila dinilai kurang sehat, maka akan langsung diganti petugas yang bersiaga lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x