Mengenal Minyak Makan Merah yang di-Endorse oleh Jokowi, Apakah Lebih Sehat dari Minyak Biasa?

- 18 Maret 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi minyak makan merah
Ilustrasi minyak makan merah /Pikiran rakyat/Malang

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan pabrik minyak makan merah yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada 14 Maret 2024 lalu.

Jokowi menilai penggunaan minyak makan merah akan menjadi tren yang baik dalam urusan goreng-menggoreng makanan di waktu-waktu mendatang.

Minyak makan merah atau yang juga dikenal sebagai minyak sawit merah. Produk turunan dari kelapa sawit ini dikatakan memiliki kandungan yang tidak kalah bermanfaat dibanding minyak goreng yang kita gunakan selama ini.

Lalu apa sebenarnya minyak merah yang di-endorse oleh Jokowi tersebut, apakah lebih sehat dari minyak biasa yang kita gunakan sehari-hari?

Baca Juga: Ibu-ibu, Ada Kabar Baik dari Mendag soal Harga Minyak Goreng hingga Lebaran 2024

"Vitamin di situ (minyak makan merah) banyak dan harga lebih murah, saya rasa ini akan jadi tren baik untuk urusan goreng-menggoreng," kata Jokowi.

"Minyak makan merah sangat bagus. Pertama, karena gizi nggak hilang, vitamin nggak hilang. Vitamin A, vitamin E, nutrien yang lain juga ada di situ," jelasnya.

Menurutnya, harga minyak makan merah juga di bawah minyak goreng biasa. Dia mengatakan bahwa minyak makan merah akan terus dikembangkan di provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Apa itu minyak makan merah

Mengutip Indonesiabaik.id, minyak makan merah atau disebut juga refined palm oil merupakan produk dari minyak sawit mentah (CPO), yang setelah proses penyulingan tidak melanjutkan proses-proses selanjutnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x