Pendaftaran Online MOTIS 2024, Ini Link dan Syarat Jadi Peserta Mudik Gratis Bawa Motor Naik Kereta

- 3 Maret 2024, 20:15 WIB
Program mudik kereta dengan angkutan motis masih buka pendaftaran. Mawyarakat bisa mendaftar melalui online maupun ke posko motis di stasiun KA terdekat. Ini suasana di Stasiun KA Yogyakarta.
Program mudik kereta dengan angkutan motis masih buka pendaftaran. Mawyarakat bisa mendaftar melalui online maupun ke posko motis di stasiun KA terdekat. Ini suasana di Stasiun KA Yogyakarta. /kukuh setyono/yogyaline.com

PRFMNEWS - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghadirkan program Motis atau angkut sepeda motor gratis naik kereta api (KA) pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Cara daftar menjadi peserta mudik gratis Motis 2024 bisa dilakukan secara online melalui link website yang disiapkan DJKA. Pendaftaran peserta program mudik dan balik sambil angkut motor gratis naik KA ini bisa pula dilakukan secara offline atau datang langsung ke stasiun.

Syarat pendaftaran peserta Motis 2024 baik secara online maupun offline yang dibuka DJKA Kemenhub mulai tanggal 4 Maret sampai 18 April 2024 diungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar.

Selain persyaratan dan cara daftar, Arif menyebutkan pula kuota penumpang peserta Motis 2024 dan kuota pengangkutan sepeda motor gratis untuk masing-masing peserta, baik masa arus mudik mulai tanggal 2-8 April maupun arus balik pada 13-19 April.

“Untuk pelaksanaan Motis itu akan dilakukan selama tujuh hari di arus mudik dan tujuh hari di arus balik. Dengan periode Motis selama 14 hari baik arus mudik maupun arus balik itu, kuota disiapkan 28.196 orang penumpang dan 12.180 unit motor,” kata Arif, Jumat 1 Maret 2024.

Persyaratan untuk mendaftar jadi peserta Motis 2024, terangnya, adalah KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga (KK), STNK yang masih berlaku atau tidak mati pajak, dan kapasitas mesin motor kurang dari 200 cc.

Arif menambahkan, jumlah orang yang bisa menaiki kereta api untuk satu motor yang diangkut hanya dua penumpang. Apabila lebih tetap diperbolehkan dengan catatan orang ketiga ini merupakan anak usia di bawah 2 tahun. Kemudian nama penumpang yang tercantum di STNK sama dengan nama di KTP.

Dia menuturkan angkutan Motis 2024 dilakukan di tiga layanan. Pertama di Lintas Utara yakni Stasiun Cilegon - Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Tegal - Pekalongan - Semarang Tawang. Di lintas ini pelayanan hanya akan dilakukan sekali sehari dengan kapasitas 530 penumpang dan 232 unit motor per hari.

“Jadi untuk pelayanan di lintas utara itu akan dilayani dengan satu lokomotif nanti ada lima kereta K3 PSO (Public Service Obligation), empat kereta bagasi, dan 1 KMP3 kereta makan. Lintas utara ini sehari hanya ada satu layanan selama tujuh hari dari tanggal 2-8 April. Dan kemudian baliknya juga sama 13-19 April,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah