Resmi, Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menkopolhukam Pengganti Mahfud MD

- 3 Februari 2024, 13:00 WIB
 Mendagri Tito Karnavian jadi Plt. Menko Polhukam gantikan Mahfud Md
Mendagri Tito Karnavian jadi Plt. Menko Polhukam gantikan Mahfud Md /@titokarnavian

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md pada Jumat, 2 Januari 2024.

Sebagai penggantinya, Jokowi telah menunjuk Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan, Tito akan menjadi Plt Menko Polhukam hingga pejabat definitif dilantik oleh Presiden Jokowi.

"Pada hari ini, Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/P Tahun 2024 yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud Md. sebagai Menko Polhukam, serta penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menko Polhukam," ujar Ari.

Sebagaimana keppres Nomor 20/P Tahun 2024, Tito Karnavian akan menjadi Plt. Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode 2019—2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif, kata Ari.

Sebelumnya, Mahfud Md secara resmi telah menyampaikan surat pengunduran dirinya, sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan (Menko Polhukam) kepada Presiden Jokowi. Mahfud Md pun mengungkapkan respons dari Presiden Jokowi saat menerima surat itu langsung darinya.

"Pak Presiden mengatakan bahwa Pak Mahfud ini adalah Menko Polhukam terlama sepanjang pemerintahan Pak Jokowi. Dulu Pak Tedjo tidak sampai setahun. Pak Luhut setahun 4 bulan. Pak Wiranto 3,5 tahun. Saya hampir 4,5 tahun," kata Mahfud.

Seperti diketahui, Mahfud, yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, menyatakan ingin mundur guna memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu.

Ia bertemu Jokowi pada, Kamis, 1 Februari 2024, untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah