Pakai Kereta Baru, KA Taksaka Tak Lagi Berlivery Hype Trip dengan Tambahan Fasilitas Makin Mewah

- 19 Januari 2024, 10:00 WIB
Kereta Api Taksaka
Kereta Api Taksaka /Dok PT KAI

PRFMNEWS – Kereta Api (KA) Taksaka kini beroperasi membawa rangkaian kereta baru yakni jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation. Penggunaan rangkaian kereta baru jenis eksekutif dan luxury dengan fasilitas semakin mewah ini menggantikan livery KA Taksaka yang sebelumnya mengusung tema Hype Trip sejak 22 September 2022 lalu.

PT KAI (Persero) mengoperasikan KA Taksaka relasi Stasiun Jakarta Gambir – Yogyakarta pp dengan membawa rangkaian Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation menggantikan livery Hype Trip terhitung mulai Kamis, 18 Januari 2024. Adapun kereta baru tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023-2026 produksi PT INKA (Persero).

“Pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan di awal tahun 2024, khususnya pelanggan KA Taksaka. Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap,” kata VP Public Relations PT KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Kamis 18 Januari 2024.

Baca Juga: Setelah Cibiru, Gerakan Pangan Murah On The Road Bakal Digelar di Ujungberung

Kelebihan fasilitas KA Taksaka menggunakan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation, jelas Joni, di antaranya pintu masuk kereta dan pintu penghubung antarkereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Hal ini semakin memudahkan penumpang membuka dan menutup pintu tanpa mengeluarkan banyak energi serta suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap.

Tersedia pula fasilitas Passenger Information Display System (PIDS) di masing-masing kereta yang dapat menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan. PIDS membantu menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih baik dan menyediakan informasi yang penting bagi penumpang KA Taksaka selama perjalanan.

Fasilitas jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass, dari sebelumnya tempered glass. Sehingga tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan kabin, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

Baca Juga: Bocoran KCIC soal Pembukaan Stasiun Kereta Cepat Karawang Beroperasi Layani Penumpang Whoosh

Untuk kebutuhan mengecas gadget, ditambahkan fasilitas USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta. Adanya tambahan fasilitas pengisian daya tersebut membuat penumpang dapat terus menggunakan perangkat HP, laptop, dan smart watch tanpa khawatir kehabisan daya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah