Kemenkes Mulai Lakukan Sub PIN Polio di Beberapa Daerah

- 17 Januari 2024, 13:40 WIB
Kick off pelaksanaan sub pin polio di beberapa daerah oleh Kemenkes.
Kick off pelaksanaan sub pin polio di beberapa daerah oleh Kemenkes. /Kemenkes/

PRFMNEWS - Mulai Senin, 15 Januari 2024 kemarin, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaksanakan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio secara serentak di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur, dan Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dalam kesempatan ini Kemenkes memberikan imunisasi novel Oral Polio Vaccine Type 2 (nOPV2) dengan menargetkan 8,4 juta anak berusia 0- 7 tahun.

Adapun target sub PIN ini menargetkan anak-anak sebanyak 4,4 juta anak di Jawa Timur, 3,9 anak di Jawa Tengah, dan sebanyak 149 ribu anak di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan Sub PIN akan dilaksanakan selama 1 pekan, diikuti sweeping selama 5 hari.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan Sub PIN Polio ini menargetkan anak berusia 0 sampai 7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Baca Juga: Pendidikan Sespim Polri Tahun 2024 Resmi Dibuka

Dengan target ini maka semua anak akan ikut mendapatkan imunisasi yang sama meski status imunisasi sudah lengkap.

“Target cakupan sekurang-kurangnya adalah 95% untuk masing-masing putaran dan merata di setiap tingkatkan, mulai dari desa, kecamatan, sampai kabupaten,” ucapnya.

Maxi menjelaskan Sub PIN Polio akan dilaksanakan dalam 2 putaran. Putaran pertama dimulai pada 15 Januari 2024, sedangkan putaran kedua akan berlangsung mulai 19 Februari 2024. Masing-masing putaran dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan jarak antarputaran minimal satu bulan.

Baca Juga: Menlu Tegaskan Dukungan Indonesia Terhadap Palestina di Mahkamah Internasional

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x