Lontarkan Batu Api, Gunung Marapi Erupsi Lagi

- 13 Januari 2024, 14:38 WIB
Letusan Gunung Marapi di Sumatera Barat. Sebanyak 77 warga diketahui berada di zona bahaya radius 4,5 kilometer dan segera diungsikan
Letusan Gunung Marapi di Sumatera Barat. Sebanyak 77 warga diketahui berada di zona bahaya radius 4,5 kilometer dan segera diungsikan /ANTARA/Altas Maulana

PRFMNEWS - Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi pada hari ini, Sabtu 13 Januari 2024.

Ketika erupsi hari ini, Gunung Marapi mengeluarkan suara dentuman dan gemuruh serta melontarkan batu api.

Awak media yang berada di Posko Gunung Marapi menyebutkan bahwa peristiwa terlontarnya batu api dari Gunung Marapi terjadi subuh tadi.

Baca Juga: Pelaku Pengoplos Gas LPG 3 Kilogram di Cirebon Ditangkap Polisi

Saat Gunung Marapi erupsi, terdengar dentuman keras beberapa detik dan pijaran cahaya ari lontaran batu api bisa dilihat secara kasat mata.

Sebelum terjadinya erupsi subuh tadi, beberapa warga sempat mengungsi ke lokasi lebih jauh, karena takut dengan suara gemuruh yang sering terdengar.

Petugas Pemantau Gunung Api (PGA) Marapi, Teguh Purnomo membenarkan adanya material lava yang keluar dari erupsi Marapi subuh tadi.

Baca Juga: Pemkot Bandung Maksimalkan Perbaikan Tanggul Jebol Penyebab Banjir di Braga

"Iya mengeluarkan lava, erupsi dengan tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.3 mm dan durasi sementara 34 detik," ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah