Apa itu IKD yang Akan Gantikan E-KTP? Simak 5 Perbedaan Keduanya dari Kegunaan hingga Bentuk

- 3 Januari 2024, 07:00 WIB
Perubahan dari E-KTP menjadi KTP Digital atau IKD
Perubahan dari E-KTP menjadi KTP Digital atau IKD /Tangkapan layar KTP Digital dalam laman Instagram @kemenkominfo

PRFMNEWS - Identitas Kependudukan Daerah (IKD) adalah identitas resmi penduduk berbentuk data informasi format digital yang ke depannya direncanakan menggantikan KTP elektronik (e-KTP/KTP-el).

Penerbitan IKD atau KTP digital ini juga dilakukan atas pembinaan dan pengawasan Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Setidaknya ada lima perbedaan antara IKD dan e-KTP yang saat ini sudah ada dan berlaku meski sama-sama memuat data identitas penduduk.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ingin Buat IKD Bagi Warga Bandung Wajib Sudah Punya E-KTP Sebagai Syarat Utama?

Beda di antara keduanya ini meliputi bentuk/wujud, kegunaan/manfaat, media penyimpanan, cara mengakses, keunggulan/kemudahan penggunaan.

  • Wujud

Secara wujud, e-KTP masih berbentuk kartu fisik yang bisa dipegang, sedangkan IKD berbentuk dokumen digital yang dilengkapi dengan Quick Response (QR) Code untuk dipindai (scan) pada perangkat khusus untuk membuka data kependudukan.

Batasan waktu QR Code ini hanya berlaku 90 detik saja. Setelah itu, QR Code tidak akan bisa digunakan kembali sehingga diklaim tidak rentan disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

  • Akses

Cara untuk mengakses e-KTP tidak perlu jaringan internet, karena berbentuk kartu fisik. Sedangkan IKD dapat diakses melalui handphone (HP) yang terkoneksi internet pada aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang didownload melalui PlayStore (Android) atau AppStore (iOS).

Untuk masuk ke aplikasi IKD, diperlukan kode verifikasi berupa PIN yang didapat saat aktivasi. Sehingga dengan penggunaan IKD diklaim mampu menekan praktik pemalsuan data kependudukan hingga penyalahgunaan informasi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x