Resmi Diluncurkan, Ragam Transportasi Darat di IKN Dipastikan Ramah Lingkungan

- 22 Desember 2023, 15:00 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon di lokasi Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis, Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Rabu, 20 Desember 2023.
Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon di lokasi Miniatur Reforestrasi Hutan Tropis, Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada hari Rabu, 20 Desember 2023. /Biro pers setpres

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan transportasi ramah lingkungan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis 21 Desember 2023. Presiden menilai peluncuran transportasi tersebut akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN.

“Memang konsepnya sejak awal Ibu Kota Nusantara adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau semuanya harus hijau,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi mengapresiasi komitmen Bluebird Group dalam mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan berbasis listrik di IKN. Investasi senilai Rp250 miliar oleh Bluebird Group ini, ujar Presiden, akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik di IKN.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Mikrofon Tanpa Kabel Bisa Akibatkan Kematian Mendadak

“Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara. Dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujarnya.

Kepala Negara menyebutkan pula bahwa beragam moda transportasi darat telah dipersiapkan guna mendukung transportasi hijau di IKN.

“Pengadaan bus rapid transit listrik untuk mendukung layanan perkotaan, taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN,” katanya.

Baca Juga: BPN Serahkan 823 Sertifikat Bidang Tanah untuk Pemkot Bandung

Tidak hanya moda transportasi, Jokowi mengatakan kelengkapan sarana pendukung lainnya yang akan dikelola secara terintegrasi juga akan segera disiapkan oleh Bluebird Group.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah