Selain Tepat Waktu, KCIC Jamin Keamanan Jalur dengan Operasikan Kereta Cepat Tanpa Penumpang Tiap Hari

- 20 Desember 2023, 07:15 WIB
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh.
Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh. /Dok KCIC

PRFMNEWS – PT KCIC mengklaim tingkat ketepatan waktu keberangkatan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh selama 2 bulan resmi beroperasi mengangkut penumpang secara komersial telah mencapai 99,9 persen. Rata-rata kelambatan pemberangkatan ratusan perjalanan Whoosh dari stasiun awal hanya 0,1 detik saja.

“Untuk kedatangan, ketepatan waktunya juga cukup baik dengan mencapai 95% dari keseluruhan perjalanan,” kata GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya dikutip prfmnews.id Rabu, 20 Desember 2023.

Selain ketepatan waktu, ujar Eva, KCIC juga menjamin keamanan dan keselamatan perjalanan Kereta Cepat Whoosh selama periode dua bulan beroperasi komersial sejak 17 Oktober 2023 hingga 17 Desember 2023. Kelancaran perjalanan inilah yang turut mendukung ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan Whoosh pada setiap hari operasionalnya.

Baca Juga: Wow! Tingkat Ketepatan Keberangkatan KA Whoosh Lebih dari 99 Persen

Untuk mendukung keamanan jalur rel Whoosh, lanjut Eva, setiap hari KCIC menjalankan kereta cepat tanpa penumpang sebagai kereta pertama dan kereta terakhir. Perjalanannya menggunakan kereta inspeksi atau Comprehensive Inspection Train (CIT) untuk memastikan pula segala sistem perkeretaapian aman dilintasi Whoosh berpenumpang.

“Untuk memastikan keamanan dan keandalan seluruh infrastruktur prasarana, KCIC juga menjalankan kereta inspeksi atau CIT secara berkala untuk memeriksa jaringan kelistrikan, pensinyalan, komunikasi, dan kondisi jalur Kereta Api Cepat,” ungkap dia.

Eva menjelaskan ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu hal penting khususnya di tengah volume penumpang Whoosh yang terus meningkat di mana selama 2 bulan beroperasi komersial, Whoosh telah mengangkut 881 ribu penumpang. Rekor jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 19 November 2023 dengan total 21.537 penumpang per hari.

Dengan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan tersebut memungkinkan penumpang merencanakan perjalanan mereka dengan percaya diri dan tepat. Penumpang dapat menggunakan Whoosh untuk pengalaman perjalanan antarkota yang konsisten dan dapat diandalkan.

Baca Juga: Pembagian Grup Play-off Liga 2, Ajang Perjuangan Agar Tak Degradasi ke Liga 3

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah