BMKG Ingatkan Masyarakat tentang Potensi Gempa Megathrust yang Bisa Memicu Tsunami di Pulau Jawa

- 5 November 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi gempa bumi yang memicu tsunami
Ilustrasi gempa bumi yang memicu tsunami /Tumisu/Pixabay

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan masyarakat tenang potensi gempa megathrust yang bisa memicu tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyatakan, potensi gempa megathrust yang memicu tsunami akan terus ada di bagian selatan Pulau Jawa.

"Megathrust akan terus ada, enggak akan berakhir potensi ini. Potensi tsunami lengkap kita punya banyak sekali tide gauge (alat pengukur ketinggian level air, red.) yang bekerjasama Badan Informasi Geospasial/BIG," kata Daryono seperti dilansir prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: KPU Resmi Tetapkan 800 Daftar Calon Anggota DPRD Kota Bandung

Dikatakan Daryono, tide gauge pendeteksi tsunami yang dipasang di perairan (Tide Gauge) yang banyak dipasangkan di wilayah selatan pulau Jawa untuk mendeteksi secara dini tsunami apabila terjadi.

"Jadi tide gauge kita ini ada di selatan Jawa. Tapi yang pasti sudah kelilingi dengan tide gauge tersebut untuk konfirmasi potensi semua itu ada," ucapnya.

Daryono menambahkan, Tide Gauge memudahkan pemerintah daerah (pemda) yang memiliki warning system bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menentukan status kesiagaan bencana sehingga dapat segera mengevakuasi masyarakat.

Baca Juga: Ulama Harus Berperan Aktif Menyejukkan Suasana Jelang Pemilu 2024, Permintaan Ma'ruf Amin

"Mereka (pemda) punya sirine langsung jadi bisa langsung berkoordinasi dengan BMKG untuk segera menetapkan status kebencanaan sehingga dapat memerintah proses evakuasi ke masyarakat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x