Istana Negara Sebut Jakob Oetama Mercusuar Pers Indonesia

- 9 September 2020, 20:13 WIB
Jakob Oetomo meninggal dunia, Trias Kuncahyono merasa kehilangan sosok senior yang humanis
Jakob Oetomo meninggal dunia, Trias Kuncahyono merasa kehilangan sosok senior yang humanis /ANTARA/.*/ANTARA

PRFMNEWS - Istana negara Kepresidenan turut menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya tokoh pers Indonesia, Jakob Oetama, Rabu 9 September 2020.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Fadjroel Rachman menyatakan, sosok Jakob Oetama merupakan mercusuar pers Indonesia atas jasa-jasanya dalam mengawal demokrasi.

Kepergian Jakob Oetama, kata Fadjroel, menjadi duka bagi dunia pers Indonesia.

Lebih Lanjut, Fadjroel menilai Jakob Oetama sebagai sosok yang mudah bergaul dengan semua kalangan, setia terhadap prinsip-prinsip jurnalistik, kebhinekaan, kemanusiaan dan kerakyatan.

Baca Juga: Penerapan Kembali PSBB, Epidemiolog: Satu-satunya Obat Cegah Penularan, Batasi Pergerakan Manusia

“Tokoh yang lengkap sebagai wartawan, intelektual, akademisi, dan pengusaha. Beliau adalah sosok yang tak pernah berhenti untuk menyempurnakan diri sebagai manusia Indonesia, untuk menjadi Indonesia,” tulis Fadjroel dalam keterangan resmi Istana Negara yang diterima Redaksi PRFM, Rabu 9 September 2020 malam.

Dalam satu kesempatan pertemuan, Fadjroel mengenang pendiri Kompas Gramedia Grup itu sebagai sosok rendah hati dan pantas untuk menjadi teladan.

"Gagasan selalu punya kaki dalam sejarah. Kaum terpelajar memiliki kewajiban memenuhi panggilan sejarah untuk mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsanya, berjuang untuk demokrasi dan dengan cara-cara demokratis," kenang Fadjroel tentang sebuah percakapan bersama Jakob Oetama.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x