Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 2024 dari Arab Saudi untuk Pangkas Waktu Tunggu Keberangkatan

- 21 Oktober 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi haji /
Ilustrasi haji / /Dok PRFM

PRFMNEWS - Indonesia mendapatkan kuota haji tambahan sebanyak 20.000 jemaah untuk perjalanan haji pada tahun 2024. Kuota tambahan tersebut menjadi salah satu hasil kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi.

Kuota haji tambahan sebanyak 20 ribu jemaah ini berhasil didapatkan setelah pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota yang juga Perdana Menteri (PM) Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman Al-Saud, Kamis 19 Oktober 2023.

“Kurang dari 12 jam komitmen tambahan kuota haji langsung diberikan (setelah pertemuan dengan PM Arab Saudi), paling tidak 20 ribu untuk tahun depan tambahannya diberikan kepada Indonesia,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat 20 Oktober 2023.

Baca Juga: Gedung Promosi IKM Senilai Rp1,1 M Diresmikan, Bupati Bandung: Jadi Pusat Belanja Oleh-oleh Wisatawan

Menurut Jokowi, dalam pertemuan tersebut, ia menjelaskan secara langsung kondisi antrean haji di Indonesia yang sudah sangat panjang. Bahkan, saat ini waktu tunggu keberangkatan jemaah haji Tanah Air sudah mencapai 47 tahun, sehingga Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji.

“Dan alhamdulillah ditanggapi sangat positif,” ungkap dia.

Dengan adanya penambahan 20 ribu kuota haji untuk tahun depan yang diperoleh dari hasil pertemuan Jokowi dan PM Kerajaan Arab Saudi tersebut, maka mampu memangkas antrean waktu tunggu keberangkatan jemaah calon haji asal Indonesia menuju Tanah Suci.

Baca Juga: Kementerian ESDM Bagikan 500 Ribu Rice Cooker Gratis ke Masyarakat Sesuai Kriteria Mulai November

Kepala Negara bersyukur bahwa kegiatan kunjungan kerja ke Kerajaan Arab Saudi sudah selesai dan berjalan dengan lancar, serta memberikan hasil yang produktif. Kegiatan tersebut yaitu pertemuan bilateral dengan PM Mohammed bin Salman Al-Saud hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x