Pangkas Waktu Tempuh, Rel Kereta Solo-Wonogiri Akan Diganti Agar Bisa Dilintasi KA Berkecepatan Tinggi

- 8 Oktober 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi kereta api. Penyebab banyak mobil mogok saat melintasi rel kereta api.
Ilustrasi kereta api. Penyebab banyak mobil mogok saat melintasi rel kereta api. /kabar-priangan.com/DOK

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan segera mengganti baru rel kereta api rute Solo (Purwosari) - Wonogiri agar dapat dilintasi kereta api (KA) berkecepatan lebih tinggi sehingga waktu tempuh perjalanan menjadi semakin singkat.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan rencana penggantian rel kereta api rute Solo - Wonogiri dalam waktu dekat ini bertujuan guna meningkatkan akses layanan kepada masyarakat pengguna KA pada relasi tersebut.

"Kami ingin menghidupkan kembali trek ke Wonogiri. Relnya masih R40, R33. Kecepatannya nggak bisa cepat," kata Didiek Hartantyo, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Sabtu 7 Oktober 2023.

Baca Juga: Polrestabes Bandung Buka Suara soal Kapan Pola 2 Arah di Jalan Sukajadi Kembali Diterapkan

Didiek mengatakan saat ini KA Batara Kresna dengan rangkaian kereta railbus melayani perjalanan rute Purwosari-Wonogiri hanya dengan kecepatan 10-30 km/jam saat melintasi area dalam Kota Solo (Jalan Slamet Riyadi). Menurutnya rute KA ini tertinggal jika dibandingkan dengan transportasi jalan raya.

"Dibandingkan dengan angkutan jalan raya tertinggal. Oleh karena itu, kami ingin membangkitkan kereta api, sekali angkut banyak," ungkap dia.

Ia mengatakan dengan perbaikan tersebut, jalur rel kereta api tetap dengan trayek seperti saat ini namun hanya ditingkatkan fasilitasnya. Perbaikan rel rute Solo – Wonogiri, lanjutnya, akan dimulai pada tahun 2024.

Baca Juga: Dispora Gelar Jabar Ultra 161k Bandung - Cirebon, Berikut Link Pendaftarannya

"Untuk jalurnya tetap, jadi yang ada kami tingkatkan karena kalau relnya R54 itu kan gede, nanti sambungannya kami perbaiki, bantalannya juga kami perbaiki," terang dia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah