Jokowi: Kereta Cepat Whoosh Memang Hal Baru Tapi Tak Perlu Takut Mengadopsi dan Jangan Anti Kritik

- 2 Oktober 2023, 16:30 WIB
Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KCJB Whoosh, di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi. (
Presiden Jokowi meresmikan beroperasinya KCJB Whoosh, di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023) pagi. ( /Humas Setkab/Rahmat

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut peresmian operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bernama Whoosh menandai berlangsungnya modernisasi transportasi massal di Indonesia. Presiden menyampaikan hal tersebut saat meresmikan operasional Whoosh di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2023.

“Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, maupun terintegrasi dengan TOD (transit oriented development),” ujar Presiden.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh merupakan hal baru bagi Indonesia baik dari sisi teknologi, kecepatan, konstruksi, dan model pembiayaan seperti pendahulunya moda raya transportasi (MRT) dan lintas raya terpadu (LRT).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Operasional Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Namun, Presiden menekankan bahwa bangsa Indonesia tidak perlu takut untuk mengadopsi dan mempelajari teknologi transportasi modern termasuk saat ini Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh sebab ini semua demi kemajuan bangsa.

Menurut Jokowi, dalam proses mengadopsi suatu teknologi modern termasuk transportasi massal Kereta Cepat Jakarta Bandung Woosh, MRT, serta LRT bisa muncul hal-hal yang tidak terduga seperti kesulitan-kesulitan di lapangan, masalah-masalah selama pembangunan, dan ketidaksempurnaan hingga tahap awal pengoperasian. Namun itu semua adalah suatu pengalaman untuk pembelajaran.

“Pengalaman itu mahal namun sangat berharga. Dan, kita tidak perlu takut, karena jika kita konsisten, kesalahan itu akan semakin sedikit, biaya kesalahan juga akan semakin menurun, dan pada akhirnya, biaya produksi, biaya proyek, lama-kelamaan juga akan semakin rendah,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Usai Resmikan Kereta Cepat Whoosh Hari ini, Jokowi Lanjut Perjalanan ke Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah