Menko Luhut Akui Pendekatan di Rempang Kurang Tepat

- 19 September 2023, 20:00 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. /Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/

PRFMNEWS - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pendekatan yang digunakan dalam penanganan masalah di Kepulauan Rempang, Batam, Kepulauan Riau, kurang tepat.

"Ya Rempang itu, mungkin ya kita sekarang lagi mau slow down. Saya pikir mungkin approach pendekatannya kemarin kurang pas," kata Luhut dikutip Antara.

Luhut yang memiliki pengalaman dalam menangani berbagai masalah investasi ini menyatakan bahwa seharusnya tidak ada masalah jika identifikasi dilakukan secara komprehensif. Menurutnya, selama dia terlibat dalam penanganan tersebut, pembebasan lahan berjalan lancar tanpa masalah berarti.

Baca Juga: CEK FAKTA: Viral Ustadz Abdul Somad Ditangkap Usai Bentrokan di Rempang, Polisi Ungkap Hal ini

Luhut berpendapat bahwa masyarakat setempat yang terdampak oleh proyek investasi umumnya tidak akan menolak direlokasi jika mereka mendapatkan kompensasi yang setimpal.

Menurutnya, identifikasi yang cermat akan kebutuhan masyarakat baik itu dalam bentuk rumah, pekerjaan, sekolah, atau kompensasi uang tunai, akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"Tapi selama saya yang menanganin, banyak pembebasan tanah, tidak ada masalah," katanya.

"Karena harusnya kita identifikasi, rakyat itu pada umumnya mau, tidak ada masalah. Karena kalau mereka direlokasi, ada yang mau dikasih rumah dengan pekerjaan, sekolah dan sebagainya, ada juga yang mau uang saja, cash," sambungnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x