Diprediksi Mundur, Ini Perkiraan Jadwal Lengkap Awal Musim Hujan 2023/2024 di Jabar dan Wilayah Lain dari BMKG

- 11 September 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi musim hujan.
Ilustrasi musim hujan. /PRFM

PRFMNEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi jadwal kapan awal musim hujan di Indonesia termasuk Jawa Barat (Jabar) periode 2023/2024 akan terjadi. BMKG memprakirakan awal musim hujan ini secara umum akan mundur.

Menurut analisa BMKG, awal musim hujan secara umum di Jabar dan wilayah lain di Indonesia terjadi mulai bulan November 2023. Sementara periode puncak musim hujan diprediksi umumnya terjadi pada Januari dan Februari 2024.

"Musim hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya. Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 pada umumnya diprediksi akan normal dibandingkan biasanya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulis di laman resmi BMKG, dikutip prfmnews.id Senin 11 September 2023.

Baca Juga: Kekeringan Mulai Terjadi di Indonesia, MUI Ajak Warga Bandung Berdoa Minta Turun Hujan

Dwikorita menambahkan, ada beberapa daerah diprediksi akan mengalami curah hujan yang lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan biasanya akibat dipengaruhi beragam iklim di wilayah Indonesia.

Dwikorita menerangkan, faktor terjadinya awal musim hujan umumnya berkait erat dengan peralihan Angin Timuran (Monsun Australia) menjadi Angin Baratan (Monsun Asia). Angin Timuran diprediksi masih tetap aktif hingga November 2023, utamanya di Indonesia bagian Selatan. Sementara Angin Baratan diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya.

Saat ini, ada beberapa Zona Musim (ZOM) telah terkonfirmasi mulai mengalami musim hujan, yaitu sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Baca Juga: Ada Kekeringan Dampak El Nino, Bupati Dadang Supriatna Beri Keringanan Bagi Pelanggan Perumda Tirta Raharja

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x