Jadwal Soft Launching Kereta Cepat Jakarta Bandung 1 Oktober 2023, Begini Pola Operasionalnya

- 3 September 2023, 14:30 WIB
Red Komodo Kereta Cepat Jakarta Bandung.
Red Komodo Kereta Cepat Jakarta Bandung. /Dedy Mullyana/PRFM

PRFMNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan target jadwal soft launching pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dimulai pada tanggal 1 Oktober 2023.

Setelah soft launching, maka Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah bisa digunakan mengangkut penumpang umum dengan berbayar. Meski begitu, Menhub belum menyebutkan berapa tarif yang akan dipatok untuk tahap awal pengoperasian KCJB.

Menhub Budi Karya Sumadi baru menjelaskan terkait pola operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung setelah dilakukan soft launching pada Minggu, 1 Oktober 2023 yang akan menambah jumlah jadwal perjalanan secara bertahap.

Baca Juga: Cara RW 08 Cisaranten Kulon Bandung Olah Sampah Jadi Berkah Lewat Zerosima dan Sabuki

“Ditargetkan, soft launching pengoperasian kereta cepat dimulai pada 1 Oktober 2023. Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober,” ungkap Menteri Budi usai mengikuti uji coba KCJB, Sabtu 2 September 2023.

Kemudian, lanjut Budi, pada bulan November ditargetkan jadwal bertambah menjadi 28 perjalanan kereta. Pada Desember menjadi 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

“Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” ujar Budi.

Baca Juga: Unik! Di Sumedang Ada Tempat Wisata Baru yang Berlokasi di Ruang Kerja Kepala Desa

Sebelumnya, KCIC berencana melakukan uji coba praoperasi Kereta Cepat Jakarta Bandung secara gratis selama satu bulan. Jadwal uji coba gratis untuk masyarakat umum sesuai arahan pemerintah ini akan berlangsung sepanjang September 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah