Hilirisasi Terus Digaungkan, Jokowi: Jangan Mengulang Sejarah Ekspor Bahan Mentah

- 20 Agustus 2023, 21:30 WIB
Presiden RI Jokowi
Presiden RI Jokowi /Instagram @jokowi

PRFMNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan agar sejarah Indonesia dalam mengekspor bahan mentah jangan sampai terulang kembali.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta seluruh pihak untuk berani mempertahankan program hilirisasi yang telah dimulai.

Hal itu disampaikan Jokowi saat acara pengukuhan DPP serta peresmian pembukaan Rakernas Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), yang digelar di Lapangan Benteng, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Sabtu, 19 Agustus 2023.

Baca Juga: Persib Bandung Kalahkan PSIS Semarang Berkat Dua Kali Tendangan Penalti

"Sejarah lama itu tidak boleh terulang lagi. Jadi, jangan ekspor bahan mentah," kata Jokowi dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Sekretariat Kabinet pada Minggu, 20 Agustus 2023.

"Nanti tolong diingatkan pemimpin yang akan datang, jangan ekspor bahan mentah, rakyat harus berani mengingatkan mengenai itu,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut, ekspor bahan mentah yang dilakukan oleh Indonesia telah berlangsung sejak zaman VOC Belanda, yakni sudah lebih dari 400 tahun. Presiden menilai hal tersebut tidak memberikan nilai lebih terhadap Indonesia.

Baca Juga: SPS Berikan Penghargaan untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Selain itu, Presiden juga memaparkan kejadian serupa juga terjadi pada tahun 1970 dan 1980, saat komoditas yang dimiliki banyak oleh Indonesia tidak memberikan nilai tambah bagi penerimaan negara.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x