Kemenkes Susun Langkah untuk Atasi Radang Otak Akibat Gigitan Nyamuk Culex

- 26 Juli 2023, 09:40 WIB
Ilustrasi nyamuk./Pixabay/Kateřina Fojtíková
Ilustrasi nyamuk./Pixabay/Kateřina Fojtíková /Pixabay/Kateřina Fojtíková/

PRFMNEWS - Nyamuk merupakan vektor atau penular timbulnya berbagai macam penyakit. Sebut saja nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor penyakit demam berdarah dengue (DBD), serta nyamuk Anopheles sebagai vektor penyakit malaria yang lebih dikenal di masyarakat karena dengan kasus penyakitnya yang kerap timbul setiap tahun.

Namun, tahukah kamu sebenarnya bukan hanya nyamuk Aedes aegypti dan Anopheles saja yang bisa menularkan penyakit. Ada spesies nyamuk yang menimbulkan penyakit yang mengakibatkan radang otak akibat gigitan nyamuk, nyamuk yang dimaksud adalah nyamuk Culex.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut Japanese Encephalitis merupakan virus dari gigitan nyamuk Culex yang terinfeksi virus JE hingga menyebabkan radang otak pada pasien yang terinfeksi.

Baca Juga: Sepanjang Januari Hingga Juni Ada 7.512 Kasus DBD di Jabar, 49 Orang Meninggal Dunia

Kemenkes dan berbagai kepentingan terkait pun menyusun dokumen Strategi Nasional Penanggulangan Penyakit Japanese Encephalitis atau radang otak akibat gigitan nyamuk.

"Hari ini ada launching strategi nasional penanggulangan Japanese Encephalitis (JE) yang sudah selesai disusun. Penyakit ini masih jadi masalah di Indonesia," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dilansir ANTARA, Rabu, 26 Juli.

Walaupun muncul nama Jepang pada penyakit tersebut, faktanya virus itu tidak hanya menyerang penduduk di Jepang saja. Berdasarkan data yang dilansir laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, setidaknya ada 20 negara yang tertular seperti India, Bangladesh, Jepang, Thailand, Singapura, Korea Selatan, Korea Utara, Vietnam, Laos, Malaysia, Burma, hingga Sri Lanka.

Baca Juga: Buntut Ketahuan Main Game saat Rapat DPRD DKI, Cinta Mega Dipecat dan Kena Sanksi PAW

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x