Jalin Kerja Sama dengan Ceko, Gubernur Jatim Ingin Bangun MRT dan LRT Surabaya Raya

- 21 Juli 2023, 07:40 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa /ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp./

PRFMNEWS – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambut rencana realisasi kerja sama pengembangan transportasi publik berbasis kereta api (KA) dengan Republik Ceko.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa ingin wilayah aglomerasi Surabaya Raya memiliki transportasi publik berupa mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT) seperti yang saat ini keduanya sudah dikembangkan di DKI Jakarta.

Rencana pembangunan proyek MRT dan LRT di Jatim yang melayani rute Surabaya Raya ini disampaikan Gubernur Khofifah usai menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek, Kamis 20 Juli 2023.

Baca Juga: LRT Jabodebek Segera Beroperasi, Pemda Bekasi akan Sediakan Angkutan Feeder Permudah Akses ke 5 Stasiun

"Saya melihat ada hal yang sangat substantif yang kami bahas pada siang hari ini. Mudah-mudahan nanti bisa lebih konkret lagi setelah ada tim dari Republik Ceko yang akan datang ke Indonesia, yang Insya Allah juga ke Jawa Timur," kata Khofifah, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Sementara itu, Dubes Jaroslav Dolecek menyatakan, kedatangan delegasi dari Republik Ceko itu, di antaranya akan melakukan pembahasan terkait penataan pembangunan infrastruktur MRT dan LRT untuk koneksitas transportasi publik di Surabaya Raya.

"Saya melihat potensi yang begitu besar. Republik Ceko adalah sebuah negara yang luasnya empat kali lebih kecil dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Namun kami memiliki teknologi yang bisa diterima di Jawa Timur, seperti teknologi transportasi kereta api. Kami akan hadirkan delegasi dari Republik Ceko ke Jawa Timur untuk melakukan pembahasan yang lebih konkret," ungkapnya.

Baca Juga: Penyelenggaraan Haji 2024 akan Gunakan 3 Skema Baru Lebih Baik, Kemenag: Kami Pelajari Banyak Hal di 2023

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x