1 dari 3 Jemaah Haji Indonesia yang Hilang Sudah Ditemukan dalam Kondisi Meninggal Dunia

- 12 Juli 2023, 12:15 WIB
Kepala Bidang Pelindungan Jemaah PPIH Arab Saudi Harun Al-Rasyid di Makkah, saat memberikan keterangan pers mengenai penemuan jemaah haji yang sempat hilang.
Kepala Bidang Pelindungan Jemaah PPIH Arab Saudi Harun Al-Rasyid di Makkah, saat memberikan keterangan pers mengenai penemuan jemaah haji yang sempat hilang. /Kemenag/

PRFMNEWS - Perjuangan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk mencari tiga jemaah haji Indonesia yang dilaporkan hilang di Tanah Suci akhirnya membuahkan hasil.

Tim PPIH akhirnya berhasil menemukan satu dari tiga jemaah yang hilang yaitu atas nama Niron bin Sunar yang ditemukan meninggal dunia pada Selasa, 11 Juli 2023.

"​Jemaah tersebut telah ditemukan dan dikebumikan,” terang Kepala Bidang Pelindungan Jemaah PPIH Arab Saudi Harun Al-Rasyid di Makkah, Selas kemarin.

Almarhum Niron terpisah dari rombongannya pada saat melempar Jumrah Ula pada 29 Juni 2023. Dia terpisah dari rombongan saat melintasi terowongan yang mengarah ke jamarat.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Menag Pastikan Tetap Pantau Fase Akhir Pelaksanaan Haji

Harun menjelaskan, pencarian jemaah haji yang hilang dilakukan PPIH dengan berbagai upaya dan ke berbagai tempat di Tanah Suci.

Dijelaskannya, pencarian jemaah haji Indonesia yang hilang dilakukan oleh tim khusus yang melakukan pencarian di tiga tempat, yaitu: kantor polisi yang membawahi wilayah Mina, ruang penyimpanan jenazah Mu’aisihim, dan RS An-Noor, Makkah.

“Ketika kami berada di Surthah (kepolisian) Mina, berkoordinasi dengan pihak yang bertanggung jawab ada di sana dan melihat daftar riwayat jenazah haji Indonesia, ketiga nama yang dicari belum kami temukan,” cerita Harun.

Saat pencarian, tim mendapat informasi adanya jenazah dengan ciri-ciri mirip Almarhum Niron dan langsung mendatangi RS An-Noor.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x