Penerbangan Bandara Husein akan Pindah ke Kertajati, Ini Jadwal, Rute, Maskapai Sudah Beroperasi di BIJB

- 11 Juli 2023, 22:00 WIB
Tampak depan BIJB Kertajati
Tampak depan BIJB Kertajati /Rizky Perdana/Rizky Perdana/PRFMNEWS


PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sejumlah penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung akan dipindah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Presiden Jokowi menyatakan pemindahan sejumlah rute penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Kertajati akan dilakukan mulai bulan Oktober 2023.

“Nantinya dimulai bulan Oktober (BIJB Kertajati) akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Jokowi, Selasa 11 Juli 2023.

Baca Juga: Tarif Tol Cisumdawu Gratis 3 Minggu Usai Diresmikan Jokowi, Selanjutnya Bayar Berapa?

Sejumlah maskapai penerbangan seperti Lion Air, Garuda Indonesia, dan Air Asia sejauh ini sudah melayani jadwal terbang dari dan ke Bandara Kertajati khususnya untuk rute internasional.

Pada April 2023, Bandara Kertajati melayani penerbangan umroh ke Jeddah, Arab Saudi sebanyak 200 jemaah yang terbang menggunakan maskapai Lion Air.

Kemudian pada Mei 2023 sebanyak 143 jemaah umroh terbang dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia.

Baca Juga: Presiden Jokowi: BIJB Kertajati Akan Jadi Bandara Masa Depan

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan Bandara Kertajati juga ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan calon jemaah haji.

“Keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Kertajati berlangsung dari 28 Mei hingga 23 Juni 2023 dengan total 25 kloter dan jumlah calon jemaah haji mencapai 9.268 orang,” ujar Nuril Huda, 3 Juli 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x