Save Our Soccer Ungkap Dugaan Pungli Seleksi Wasit Liga 1 2023, Nama-namanya Disebut

- 11 Juli 2023, 15:15 WIB
ILUSTRASI wasit
ILUSTRASI wasit /PIXABAY/


PRFMNEWS - Save Our Soccer mengungkap dugaan pungutan liar (pungli) dalam proses seleksi wasit Liga 1 pada Juni 2023.

Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali menyebut, pungli dilakukan untuk meloloskan wasit yang tak lulus dalam ujian.

Bentuk praktik punglinya dilakukan beberapa oknum yang memintai sejumlah uang untuk memberikan kunci jawaban agar lolos seleksi.

Baca Juga: Wasit Liga Indonesia Mulai Diberi Pemahanan Mengenai VAR

Diketahui, tes terdiri dari tiga kategori yakni Tes Fisik dengan bobot nilai 60, Tes Law of The Games (LOTG) bobot nilai 20 dan Tes Video, bobot nilai 20.

"Sejumlah wasit mengaku diminta uang Rp 500 ribu bila ingin dibantu bisa dapat bocoran jawaban soal. Atau paket Rp 1 juta buat dibantu lolos tes fisik dan tes LOTG. Ini harus diungkap pelakunya dan diberikan hukuman berat," ucap Akmal.

Akmal memaparkan, dari hasil tes LOTG, ada lima wasit Liga 1 yang mendapat nilai sempurna 100 (bobot nilai 20).

Baca Juga: 18 Wasit Terpilih untuk Pimpin Liga 1 2023/2024 Melalui Seleksi Ketat, Erick Thohir Minta Mereka Berintegritas

Sementara untuk asisten wasit Liga 1 ada tujuh yang mendapat nilai sempurna. Tes LOTG wasit Liga 2 ada tiga yang nilai sempurna dan dua asisten wasit yang dapat nilai 100.

"Ada pungli yang dibarter dengan bocoran kunci jawaban dan bantuan lolos seleksi. Bagian pengumpulan uang dilakukan oleh AP, RM, dan FF serta JN, HD, HC lalu diserahkan kepada AD dan FK. Ini fakta, bukan fitnah," sebutnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x