20 Simpang di Jakarta Pakai Traffic Light AI, Apa Manfaat dan Kelebihannya?

- 2 Juli 2023, 19:30 WIB
Ilustrasi Traffic Light
Ilustrasi Traffic Light /PRFM

PRFMNEWS - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyampaikan traffic light di 20 persimpangan sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Dishub DKI Jakarta mengklaim ada beberapa manfaat dan kelebihan dari teknologi AI yang diterapkan pada lampu merah atau traffic light di 20 persimpangan.

"Jadi ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan intelligent transport system (sistem transportasi cerdas) di traffic light (lampu lalu lintas)," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Baca Juga: Saudi Ubah Kebijakan Soal Haji, Tahun Depan Tidak Ada Lokasi Khusus Negara Tertentu di Masyair

Syafrin lanjut menjelaskan beberapa manfaat dan keunggulan penggunaan traffic light berteknologi AI yang berada di 20 simpang jalan wilayah DKI Jakarta.

Pertama, ujar Syafrin, teknologi AI cukup berpengaruh dalam memantau dan melakukan pengaturan waktu di lampu lalu lintas berdasarkan informasi basis data internal Google.

Kedua, penerapan AI juga dapat memperkuat fungsi sistem manajemen lalu lintas (adaptif forces) yang dijalankan dan menghitung secara aktual volume lalu lintas di simpang.

Sehingga, dengan teknologi tersebut Dishub DKI dapat mengetahui vc ratio atau perbandingan antara kapasitas jalan dengan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

Baca Juga: 1.200 Personel Gabungan Amankan Fornas 2023 di Kabupaten Bandung

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x