Meski Berbeda dari Sebelumnya, Upacara Detik-Detik Proklamasi Akan Tetap Tampilkan Keberagaman Adat

- 17 Agustus 2020, 07:41 WIB
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti gladi Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Negara Kesatuan Republik Indonesia akan memasuki usia yang ke-75 pada tanggal 17 Agustus mendatang
Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengikuti gladi Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Negara Kesatuan Republik Indonesia akan memasuki usia yang ke-75 pada tanggal 17 Agustus mendatang /ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj

PRFMNEWS - Setiap tanggal 17 Agustus, pemerintah selalu menggelar upacara peringatan detik-detik proklamasi. Meski di tengah pandemi covid-19, pemerintah tetap menggelar upacara detik-detik proklamasi pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020.

Dalam siaran persnya, Juru Bicara Presiden, M. Fadjroel Rachman mengatakan, Upacara peringatan ke-75 tahun detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka hari ini akan diikuti peserta upacara terbatas. Namun demikian, upacara akan tetap menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, namun upacara dan perayaan detik-detik proklamasi tetap akan berlangsung khidmat dan menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia," kata Fadjroel.

Baca Juga: Sevilla Lolos ke Final Liga Europa 2020 Usai Kalahkan Manchester United Dini Hari Tadi

Disebutkannya, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo mengundang 267 juta rakyat Indonesia bersama-sama dengan jajaran pemerintahan Kabinet Indonesia Maju untuk mengikuti upacara peringatan ke-75 tahun detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin, 17 Agustus 2020, pukul 10.00 WIB. Sebagian peserta hadir Istana Merdeka, lainnya hadir melalui beragam media tanpa mengurangi kesakralan upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia tersebut.

"Kesatuan semangat harus terbentuk dalam kebangkitan melawan pandemi Covid-19 serta memanfaatkan peluang krisis sebesar-besarnya untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju. Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 ini merupakan energi raksasa transformasi fundamental di segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," urainya.

Baca Juga: Pelaku Event Bandung Susun Protokol Kesehatan Konser Musik yang Ketat

Menteri Sekretaris Negara Pratikno selalu Ketua Panitia Negara Perayaan 17 Agustus 2020 bersama Presiden Republik Indonesia beserta Hj. Iriana Joko Widodo juga mengharapkan keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai media pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih, pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 17.00 WIB.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x