Tol Cisumdawu Dibuka untuk Mudik-Balik Sampai Kapan? Ini Jawaban PT CKJT

- 26 April 2023, 11:30 WIB
Foto udara Tol Cisumdawu.
Foto udara Tol Cisumdawu. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar/


PRFMNEWS – Jalan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka-Dawuan tersambung dengan Tol Cipali yang dibuka sebagai jalur fungsional selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2023 akan ditutup lagi pada 2 Mei.

Penutupan ruas fungsional Tol Cisumdawu seksi 4-6 tersebut usai jadi jalur pendukung arus mudik-balik Lebaran 2023 diungkap Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Meidi.

Bagus Meidi mengatakan ruas fungsional Tol Cisumdawu Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 km ini dibuka untuk arus balik Lebaran 2023 mulai dari tanggal 24 April hingga 1 Mei.

Baca Juga: Arus Balik, Jalur Fungsional Tol Cisumdawu dari Cipali Bisa Saja Dibuka Lebih dari Jam 3 Sore

Selanjutnya pada 2 Mei 2023, kata Bagus, ruas fungsional Tol Cisumdawu tersebut direncanakan ditutup kembali untuk menyelesaikan proyek yang belum rampung 100 persen.

"Jadi mau dilanjutkan dulu proyek tersebut biar tuntas deh, karena kan dari pak Menteri (Menteri PUPR) diminta Juni sudah selesai," ujar Bagus, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu yang dibuka fungsional guna mendukung arus mudik-balik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok – Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,1 Km).

Baca Juga: Tol Cisumdawu Tembus Cipali Per 15 April, Ridwan Kamil: Pemandangan Indah Sekali

Kementerian PUPR dan BUJT juga menyiapkan rest area sementara di KM 194+400 Seksi 4B untuk mendukung arus mudik.

"Karena di Cisumdawu belum ada rest area yang dibangun, satu jalur kita fungsikan untuk rest area sementara. Bisa menampung sekitar 200 kendaraan, sudah dilengkapi fasilitas toilet, pom bensin, dan minimarket," jelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sabtu 15 April 2023.

Setelah arus mudik, Menteri Basuki menargetkan seluruh ruas fungsional Tol Cisumdawu itu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada awal Juni 2023.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x