Vaksin Covid-19 Buatan Korea Selatan Siap Uji Klinis Tahap II di Indonesia

- 28 Juli 2020, 19:50 WIB

PRFMNEWS - Sekitar 100 orang relawan siap mengikuti uji klinis tahap II, Vaksin Covid-19 dari perusahaan asal Korea Selatan, Genexine. Rencananya vaksin ini mulai uji klinis pada September atau Oktober 2020.

"Pada tahap uji klinis untuk tahap II rencananya baru akan dimulai sekitar September atau Oktober dan hanya melibatkan sekitar 100 relawan," kata Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wien Kusharyoto dalam konferensi pers virtual, Jakarta, Selasa, (28/7/2020).

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Wien menuturkan uji klinis fase II dimaksudkan untuk memantau keamanan vaksin, potensi munculnya efek simpang, respons imun, menentukan dosis optimal dan jadwal pemberian vaksinasi.

Baca Juga: Cerita Wedding Organizer Mengurus Pernikahan di Masa Pandemi Covid-19

Setelah lolos uji klinis tahap II, maka akan dilanjutkan pada tahap berikutnya yakni uji klinis tahap II dengan jumlah relawan yang lebih besar lagi untuk terlibat dalam vaksinasi menggunakan kandidat vaksin itu.

Sementara itu lanjutnya pada saat yang sama, juga akan dilakukan uji klinis tahap II di Korea Selatan serta penjajakan kerja sama untuk uji klinis tahap II di Turki.

Baca Juga: Kawanan Monyet Ekor Panjang Kembali Satroni Pemukiman Warga di Lembang Bandung Barat

Genexine sendiri menurutnya mengembangkan vaksin berbasis DNA. Sementara vaksin Merah Putih yang dikembangkan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berbasis protein rekombinan.

Sedangkan Bio Farma dan Sinovach asal China bekerja sama dalam uji klinis tahap III untuk vaksin Covid-19 berbasis virus yang dimatikan.***

 

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x